WNI yang Diobservasi di Natuna Didapuk Jadi Duta Kesehatan

WNI yang telah menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau jelang dipulangkan ke kampung halaman masing-masing, Sabtu (15/2/2020). (foto: dok. BNPB)

Jakarta, PONTAS.ID – 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, akhirnya dipulangkan pada hari ini, Sabtu (15/2/2020).

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, pun memastikan semua WNI yang diobservasi tersebut pulang dalam kondisi sehat dan bebas dari virus corona atau COVID-19.

Lebih lanjut, Terawan mengatakan, 243 WNI dari Wuhan ini akan menjadi duta kesehatan di wilayahnya masing-masing. Mereka pun akan menyosialisasikan hal-hal terkait virus Corona kepada masyarakat.

“Iya kan itu penting. Mereka jadi duta kesehatan di daerah masing-masing,” tutur Menkes, di Natuna, Sabtu (15/2/2020).

“Mereka akan jadi duta kesehatan karena sudah selesai (obersvasi). Mereka kan bisa mengajarkan gaya hidup sehat,” sambungnya.

Para WNI dari Wuhan ini juga dibekali dengan surat sehat oleh pemerintah. Surat ini membuktikan mereka dalam kondisi sehat dan aman bersosialisasi dengan masyarakat.

Kemudian, setibanya di tempat asalnya, lanjut Menkes, mereka pun akan tetap dipantau juga oleh masing-masing Dinas Kesehatan (Dinkes). Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat.

“Tetap Dinkes bertanggung jawab dan memantau dan sudah kami koordinasikan. Observasi selesai, menurut WHO tidak apa-apa. Itu bentuk tanggung jawab, [misal kena] masuk angin atau apa, Dinas Kesehatan akan memeriksanya. Teori dari WHO dua minggu ya sudah bebas,” tandas Terawan.

Penulis: Ririe

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here