MPR Minta Pemerintah Evaluasi soal Mutasi Virus Corona Masuk Indonesia

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui mutasi virus SARS-CoV-2 Delta B1617.2 menyebar di Indonesia karena pemerintah lupa menjaga pintu masuk Pelabuhan,

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Kemenkes dan Kemenhub agar tetap waspada dengan mengevaluasi kelalaian pemerintah dalam pencegahan masuknya berbagai mutasi virus corona ke Indonesia.

“Meminta pemerintah segera mengambil langkah-langkah perbaikan agar upaya pencegahan dapat lebih difokuskan seiring dengan semakin menurunnya angka kasus covid-19 di Indonesia,” kata Pria akrab disapa Bamsoet dalam siaran persnya, Kamis (16/9/2021).

Bamsoet pun meminta Kemenhub berkoordinasi dengan Kemenkes memperketat penjagaan di pintu-pintu masuk Indonesia dengan menempatkan petugas kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, baik dari jalur darat, laut, dan udara, guna menekan penyebaran varian delta yang mencapai dua ribu kasus di tanah air.

“Meminta Kemenkes terus memantau tiga varian mutasi virus corona, yakni varian C.37 Lambda, varian B.1621 Mu, dan varian C.1.2 agar tidak semakin menyebar dan membawa dampak yang membahayakan bahkan memperburuk upaya penanganan covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Ia pun meminta pemerintah tegas dalam kebijakan pengetatan pintu masuk ke wilayah Indonesia, khususnya pintu masuk Pelabuhan dan lebih berhati-hati terhadap kapal-kapal pengangkut barang yang masuk ke Indonesia dari luar negeri.

“Pemeriksaan tes covid-19 terhadap awak kapal dari luar negeri yang bertugas agar dapat diperketat, dikarenakan berkaca dari pengalaman sebelumnya penyebaran varian delta banyak ditularkan melalui awak kapal dari India yang bertugas mengangkut barang,” tegas Bamsoet.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here