Tim KemenPAN-RB Monitoring SP4N Lapor Kab. Tangerang

Tigaraksa, PONTAS.ID – Tim Kemenpan RB bersama UNDP (United Nations Development Programme) mengunjungi Kab. Tangerang dalam rangka memonitor Sistem pengelolaan Pengaduan pelayanan publik Nasional. Layanan Aspirasi Pelaporan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Tomi putra dari Kementerian PANRB mengatakan tujuannya datang ke Kab. Tangerang adalah untuk memotret kondisi terkini mengenai Sistem pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang khususnya dalam penggunaan platform SP4N LAPOR hasil yang Didapatkan di Kab. Tangerang bahwa penggunaan aplikasi lapor sudah cukup baik digunakan di Kab. Tangerang.

“Di Kab. Tangerang sendiri fitur-fitur yang digunakan sudah cukup banyak sehingga dapat mengelola pengaduan yang masuk ke Kabupaten Tangerang dengan cukup baik dan adminnya juga sangat responsif, itu lah yang membuat Kab. Tangerang menjadi percontohan Nasional,” katanya.

Erly Rahmawati selaku konsultan dari UNDP untuk perbaikan sp4n lapor mengungkapkan bahwa Di mana pihaknya bersama Kemenpan RB datang dan telah melakukan diskusi dengan Diskominfo, Inspektorat, Bagian Organisasi Kabupaten Tangerang dan Ia menilai bahwa sp4n lapor di Kabupaten Tangerang cukup bagus hanya ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan disemlurnakan.

“Pemkab Tangerang yang masih perlu peningkatan adalah seperti menginginkan Sp4n Lapor dapat diformulasikan dalam bentuk dokumen resmi tentang tugas wewenang kemudian sop dan kode etik termasuk di sana monitoring dan evaluasi jadi perlu ada revisi dari peraturan peraturan yang telah ada sebelumnya,” katanya.

Erly berharap ke depan pelaksanaan sp4n lapor di Kabupaten Tangerang bisa lebih baik lagi dan masyarakat bisa menggunakan secara luas media ini baik melalui website melalui maupun aplikasi mobile, Dan mudah-mudahan teman-teman pengelola di administrasi OPD maupun di seluruh wilayah kabupaten Tangerang bisa menjalankan tugas ini dengan baik dan masyarakat bisa terlayani dengan baik terkait SP4N lapor.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Tangerang Tini Wartini memaparkan bahwa SPAN-LAPOR! Di Kabupaten Tangerang selama ini sudah berjalan dengan baik di 62 OPD terhubung. Jumlah pelaporan yang masuk sampai saat ini sudah mencapai 812, sekitar 86% sudah selesai di tanggapi.

“Semoga dengan hadirnya Tim dari Kemenpan RB dan UNDP ini dapat meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Tangerang lebih baik lagi. Dan bisa meningkatkan kapasitas SDM khususnya dalam penanganan pengaduan layanan publik di setiap OPD yang lebih sigap dalam menanganinya.”tutur tini diruang NOC Kominfo Setda Kab. Tangerang. Selasa, (22/18/19).

Dalam pertemuan tersebut Selain Kadis Kominfo Hadir pula Inspektur pembantu Jainudin, Kabag Organisasi Setda Cupi Mutiani, Abdul Munir Kabid Infokom Diskominfo.

Penulis: Liston Simamarta

Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here