Clean and Green, OP Tanjung Priok Sabet Juara I

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok selaku peraih Juara I penilaian kerapihan dan kebersihan area kerja UPT Unit Eselon 2 Kementerian Perhubungan.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta di Jakarta, Selasa, (24/9/2019).

“Bagi peraih penghargaan dapat mempertahankan dan menjaga kebersihan lingkungan kerjanya, sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif,” kata Menhub.

Bagi UPT yang belum meraih penghargaan, Menhub mengharapkan bisa mengambil hikmah dan belajar agar kelak bisa meraih prestasi yang lebih baik. “Khususnya dalam melayani masyarakat dan pengguna jasa serta para investor,” pungkas Menhub.

Sementara itu, Staf Humas Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Muhammad Nur Fauzi menambahkan, usai penyerahan penghargaan acara dilanjutkan dengan seminar dengan tema “Budaya Bersih dan Sehat Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Transportasi” dengan nara Sumber dari Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Kemaritiman, dan Kementerian Kesehatan .

Sebagai informasi penghargaan ini merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang dilakukan Kementerian Perhubungan bagi Unit Kerja yang memiliki ruangan kerja paling bersih dan Hijau (Clean and Green).

Penilaian kerapian dan kebersihan dilakukan pada 33 unit kerja yang berada di wilayah Jabodetabek, Medan, Semarang , Surabaya, Denpasar, Makassar dan Pontianak, yang terdiri dari 16 Unit Kerja mewakili Unit Kerja Eselon II dan 17 Unit Kerja mewakili Unit Kerja Eselon III.

Bertindak sebagai tim penilai, dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perhubungan melalui Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan (PPTB).

Kriteria penilaian meliputi dua hal yaitu: Self Assessment, meliputi kelengkapan Dokumen terkait Kebersihan Ruang Kerja dan Penilaian Lapangan, meliputi Kebersihan, Kerapihan, Kenyamanan, Estetika, Ketertiban dan Ramah Lingkungan. Area kerja yang dinilai yaitu Ruang Kerja Pejabat dan Staf, Toilet, Pantry, dan Lobi.

Adapun para pemenang kategori Unit Kerja Eselon II yaitu : Juara Pertama, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Nilai=93,17); Juara Kedua, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok (Nilai=87,36); dan Juara Ketiga, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (Nilai=87,13).

Sementara, untuk Pemenang Kategori Unit Kerja Eselon III yaitu: Juara Pertama, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (Nilai=96.66); Juara Kedua, Distrik Navigasi Pontianak (Nilai=87.36); dan Juara Ketiga, Politeknik Penerbangan Surabaya (Nilai=85.75).

Penulis: Suwarto
Editor: Idul HM

Previous articleDemo Mahasiswa Pecah, Area Parkir Kompleks Parlemen Dipadamkan
Next articlePrioritaskan Keamanan, Lima SPBU di Wamena Masih Belum Beroperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here