Kekurangan Guru, Jumlah Siswa SMPN 22 Berbak terus Menurun

Tanjab Timur, PONTAS.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN 22 Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi tahun ajaran 2019/2020 mengalami penurunan.

Kepala Sekolah SMPN 22 Antrans Girindrawardana menuturkan, saat ini peserta didik yang ada di SMPN 22 sebanyak 189 siswa, sementara pada tahun ajaran sebelumnya sebanyak 192 siswa.

Sementara untuk penerimaan peserta didik baru yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu hanya mendapat 64 orang siswa dan , sementara siswa kelas IX yang dilepas beberapa waktu yang lalu sebanyak 75 siswa.

“Formulir yang tersebar sebanyak 75, tapi pada saat melakukan pendaftaran ulang hanya 64 orang, sisanya mungkin melanjutkan ke pondok pesantren,” kata Antras saat disambangi awak media, Selasa (10/9/2019)

Lanjut Kepsek, untuk penyebab terjadinya penurunan angka Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ), kemungkinan karena masyarakat cenderung melanjutkan pendidikan yang lebih menonjolkan tentang ke agamaan yakni pondok pesantren.

Untuk meningkatkan minat siswa ke depan, pihaknya kata Antrans telah berupaya melakukan gebrakan, salah satunya pendidikan Hafizh Quran yang dilaksanakan dua kali seminggu seusai jam belajar bagi siswa yang berminat.

Meskipun bantuan dan perhatian yang diberikan pemerintah dianggap sudah cukup bagus terhadap sekolah yang dipimpinnya, Antrans tetap berharap bantuan serta dorongan, terutama perhatian terkait tenaga pendidik PNS yang masih kurang. Dari 14 guru yang ada ataupun yang dibutuhkan, hanya 6 orang tenaga pendidik yang berstatus PNS sisanya honorer.

“Kalau perhatian dari pemerintah sudah cukup bagus, cuma kami tetap berharap adanya penambahan untuk guru PNS disini,” pinta Kepsek.

Penulis: Bambang Hermanto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here