Komisi VII: Tidak Ada Salahnya di Cilacap Dibangun PLTN

Kurtubi

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi VII DPR RI, Kurtubi, mencermati ketersediaan lahan di wilayah Cilacap, Jawa Tengah seluas 30.000 ha yang dapat dipakai untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Menurut legislator F-Nasdem itu, keberadaan PLTN cukup untuk membantu memasok ketersediaan listrik di Pulau Jawa.

“Bupati Cilacap mendorong industrialisasi karena ada lahan 30.000 hektare. Tanah kosong ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik yang andal. Saya mengusulkan dibangun pembangkit llistrik tenaga nuklir untuk meng-handle 35.000 megawatt seluruh pulau Jawa,” papar Kurtubi, di Jakarta, Senin (19/8/2019).

Menurut politisi dapil Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut, untuk bisa jadi negara indistri maju dibutuhkan kapasitas listrik empat kali lebih besar dari yang ada sekarang. Dengan kata lain butuh sistem transmisi tambahan 4×35 ribu mw lagi di pulau Jawa ini.

Dengan kata lain, katanya, butuh sistem transmisi tambahan empat kali dari target 35.000 MW di wilayah Jawa.

“Nah, dalam sistem yang besar ini kita harapkan bisa masuk PLTN. Dan PLTN itu didesain konstruksinya bisa tahan gempa hingga 10 skala richter seperti di Jepang. Jadi tidak ada salahnya di Cilacap ini dibangun PLTN,” pungkas Kurtubi.

Penulis: Riana
Editor: Hendrik JS

Previous articleBila Kerusahan Papua Berlarut dapat Pengaruhi Investasi
Next articleBegini Strategi Pemerintah Tertibkan Operasi Tambang Ilegal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here