Wali Kota Medan Shalat Ied di Lapangan Merdeka

Medan, PONTAS.ID – Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin bersama ribuan masyarakat melaksanakan shalat Idul Adha 1440 H di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (11/8/2019). Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan H M Syukri Albani Nasution MA bertindak sebagai khatib, sedangkan qori Sumatera Utara Fikri Munawwar SP menjadi imam.

“Pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail mengajarkan umat Islam untuk meneladani kesabaran dan keikhlasannya. Untuk itu, dalam melakukan sesuatu hal hendaknya seluruh masyarakat khususnya umat muslim kota Medan dapat ikhlas melakukan dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Medan di masa mendatang,” kata Wali Kota.

Sebelumnya Kabag Agama Setda Kota Medan Adlan dalam laporannya menjelaskan, tahun ini Pemko Medan menyembelih hewan kurban sebanyak 69 ekor lembu dan disebar di 21 kecamatan di Kota Medan.

Sedangkan jumlah total hewan kurban yang disembelih di Kota Medan sebanyak 9.562 ekor dengan perincian hewan kurban sebanyak 7.062 ekor lembu dan 1.960 ekor kambing.

Di kesempatan itu Adlan juga menerangkan, hasil infaq pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 H yang juga dilaksanakan di Lapangan Merdeka sebesar 34.782.000.

“Hasil infak ini sudah kita sampaikan kepada orang yang berhak menerimanya,” jelas Adlan

Sementara itu, dalam tausiahnya usai shalat berjudul, “Idul Adha: Upgrade Peran Kehidupan Manusia Modern,” M Syukri mengatakan, pelajaran penting yang diambil dari Idul Adha atau Idul Qurban, diantaranya setiap umat Islam dituntut untuk mengedepankan dialog yang dibungkus nilai-nilai ukhuwah Islamiyah.

Syukri juga mengingatkan, manusia adalah makhluk lemah yang tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan dan bantuan Allah SWT. “Semoga kita dijauhkan dari sifat kufur nikmat karena sesungguhnya azab Allah amatlah pedih,” pesannya.

Selain Wali Kota, Shalat Idul Adha juga turut dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, Wakil Wali Kota, Akhyar Nasution, Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, camat dan lurah, tokoh agama, alim ulama serta tokoh masyarakat.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articlePolres Asahan Sembelih 6 Ekor Sapi
Next articleTol Japek Bakal Macet 5 Hari lagi, Jasa Marga: Maaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here