Tingkatkan Kinerja Aparat, OPD se-Kota Medan Teken Perjanjian

Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin melakukan foto bersama usai penandatanganan kesepakatan Perjanjian Kinerja T.A. 2019 di Balai Kota, Medan, Senin (13/5/2019)

Medan, PONTAS.ID: Seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta camat se-kota Medan melakukan penandatanganan kesepakatan Perjanjian Kinerja tahun anggaran (T.A.) 2019 dengan Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin di Balai Kota, Senin (13/5/2019). Tujuannya, untuk mendorong OPD agar lebih efektif, bertanggung jawab dalam bekerja.

Penandatangan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD& PSDM), Muslim Harahap, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman Dan Penataan Ruang (PKPPR) Benny Iskandar serta Camat Medan Labuhan Arrahman Pane.

Selain Wali Kota, penandatanganan disaksikan Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan Sekda Wiriya Alrahman.

“Seluruh pimpinan OPD perlu meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan daerah, khususnya melalui sistem e-perencanaan dan penganggaran serta pengendalian yang semakin efektif, terukur dan tepat sasaran,” kata Wali Kota usai penandatanganan.

Untuk mengembangkan manajemen pemerintahan yang semakin melayani, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) kata Wali Kota telah mengeluarkan Permenpan Nomor 53 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Perjanjian Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Namun, komitmen ini hanya bisa diimplementasikan apabila para kepala OPD dan seluruh jajarannya memiliki integritas dan kompetensi yang dapat dihandalkan,” kata Wali Kota.

Wali Kota lebih jauh menjelaskan, dokumen perjanjian kinerja merupakan salah satu instrumen pokok yang digunakan oleh Kementerian PANRB mengevaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah

“Instrumen ini bisa semakin memotivasi kita bekerja lebih baik lagi sekaligus menjadikan OPD semakin berdaya guna dan berhasil guna, terukur sekaligus akuntabel sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka,” katanya.

Wali Kota juga berpesan, agar seluruh OPD bahu membahu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Sebab, itu merupakan pembuktian kita sebagai seorang abdi negara sekaligus abdi masyarakat. Di bulan yang suci ini, semoga segala niat baik kita dalam bekerja diganjar pahala berlimpah oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleKendalikan Sampah Plastik, Pemerintah Gandeng Belanda
Next articleWakil Wali Kota Medan Lantik 25 Pejabat Struktural

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here