PDAM Tirtanadi Luncurkan Layanan Limbah Rumah Tangga

Medan, PONTAS.ID – Pemerintah Kota  Medan menyambut baik dan mendukung inovasi program layanan limbah terbaru Tirtanadi, yakni Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2TL) dan Layanan Limbah Tinja Tidak Terjadwal (L2T3) yang diluncurkan PDAM Tirtanadi. Harapannya, program ini dapat membersihkan limbah dari air rumah tangga dan air limbah perpipaan di wilayah Medan dan sekitarnya.

“Diharapkan melalui program ini mampu menjawab persoalan di seputar akses sanitasi yang layak sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat untuk mendorong meningkatnya produktivitas di Sumatera Utara khususnya Kota Medan,” kata Kadis Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan M Husni, mewakili Wali Kota Medan, dalam acara di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Selasa (18/2/2020).

Program ini kata Husni, juga berguna untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang dampak positif dari pengosongan tangki septic yang dilakukan secara rutin, “Untuk mencegah pencemarah badan air di sekitar rumah penduduk serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelas Husni.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat membuka acara tersebut mengatakan tersebut akan mengolah limbah baik dari airnya ataupun ampasnya menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan seperti pupuk.

“Semoga ini semua dapat kita lakukan secara bersama-sama serta berkomitmen dalam melakukan pembenahan untjk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat,” tegas Edy.

Sebelumnya, Direktur Tirtanadi Trisno Sumantri dalam laporannya mengatakan bahwa PDAM Tirtanadi akan terus menguatkan komitmennya untuk melakukan pelayanan limbah, selain pelayanan air minum bagi pelanggannya.

“Dan kami banyak berterima kasih kepada Kementerian PUPR dan Pemprov Sumut yang selama ini banyak membantu kami,” kata Trisno.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here