1 Juli Harga Tiket Pesawat Harus Turun

Jakarta, PONTAS.ID – Maskapai diminta segera menurunkan harga jual tiket pesawat penerbangan murah (low cost carrier/LCC) mulai minggu ini.

Hal itu menindaklanjuti rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian pada 20 Juni 2019.

Pemerintah memberi batasan waktu bagi maskapai penerbangan dalam melakukan penyesuaian tarif tiket pesawat sesuai yang telah disepakati.

“Akhir minggu ini, paling lambat 1 Juli ya,” kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Dia mengatakan, pihak maskapai, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II selaku operator bandara, dan Pertamina selaku pemasok bahan bakar pesawat masih melakukan penyesuaian dalam rangka mendukung penurunan harga tiket pesawat.

“Memang masing-masing sedang menghitung karena itu tidak hanya satu pihak. Itu Angkasa Pura berapa mikul bebannya, Pertamina berapa, kemudian maskapai berapa. Jadi mereka masih harus hitung-hitungan nih,” jelasnya.

Di samping itu, dia menegaskan bahwa penurunan harga tiket tidak berlaku secara menyeluruh. Harga tiket pesawat yang turun tersedia di jam dan rute tertentu.

“Artinya gini, nggak semua turun lho, kesepakatan kita adalah karena waktu itu kan sudah diturunkan tapi tidak cukup tinggi, tidak cukup banyak turunnya, sehingga kesepakatannya adalah mereka harus menyediakan flight tertentu jam berapa misalnya, dia harus rendah, harus turun,” paparnya.

Siap Turunkan Harga Tiket

Sebelumnya, Maskapai Lion Air siap menurunkan harga jual tiket pesawat penerbangan murah (low cost carrier/LCC) mulai minggu depan. Hal itu menindaklanjuti rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian kemarin 20 Juni 2019.

“Iya kita akan mengikutinya (keputusan pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat). (Minggu depan) siap,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi.

Garuda Indonesia Group, lewat maskapai berbiaya murahnya, Citilink akan mengikuti keputusan tersebut. Sedangkan untuk rute dan jadwalnya masih didiskusikan.

“LCC kan akan turun menurut kita bagus ya harapan kita memang seperti itu, sangat fair itu, jadi nggak semuanya turun, pasti kita ikuti. Kalau jadwal, turun tarifnya berapa, dan mana rutenya kita belum bisa info masih kita diskusikan nanti kita cek dulu ke Citilink,” kata VP Corporate Communication Garuda Indonesa Ikhsan Rosan.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Risman Septian

Previous articleWujudkan Keadilan Anak Didik, DPR Dukung Evaluasi Penerapan PPDB
Next articleKementan Klaim Biodiesel B100 Terbukti Hemat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here