Penertiban Pasar Kampung Lalang, Lalu Lintas kembali Lancar

200 an personil Satpol PP kota Medan diterjunkan menertibkan kawasan Pasar Kampung Lalang, Medan, Sumatera Utara

Medan, PONTAS.ID – Setelah tiga hari petugas Satpol PP kota Medan menertibkan kawasan sekitar Pasar Kampung Lalang, saat ini sudah tidak ada lagi pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di atas saluran air maupun bahu jalan. Lalu lintas pun tampak sudah lebih lancar dari biasanya.

Sejak Rabu hingga Jumat (14/6/2019), sekitar 200 orang lebih diturunkan Pemko Medan guna menertibkan seluruh PKL.

“Jika PKL ingin berjualan, Pemko Medan telah menyediakan tempat yang layak di Pasar Kampung Lalang. Tinggal berkoordinasi dengan PD Pasar Kota Medan jika ingin berjualan di Pasar Kampung Lalang,” kata Kasatpol PP Medan, M Sofyan.

Pihaknya saat ini kata Sofyan, tinggal bagaimana mencegah agar para PKL tidak berjualan kembali di kawasan yang telah dibersihkan tersebut.

“Berhubung kawasan ini masuk wilayah Kecamatan Medan Sunggal dan Medan Helvetia, maka kita minta agar kedua kecamatan tersebut melakukan penjagaan. Begitu mendapati PKL berjualan, kita langsung datang tertibkan!” tegasnya.

Langkah ini ditempuh lantaran terbatasnya personil Satpol PP serta masih adanya beberapa kawasan pasar yang belum ditertibkan. “Termasuk seputaran pasar tradisionil  lainnya karena rentan dengan kemacetan,” imbuhnya.

Di samping itu Sofyan berharap agar OPD terkait, seperti Dinas Perhubungan Kota Medan juga menurunkan personel untuk menertibkan pengemudi becak dayung maupun bermotor yang kerap parkir sembarangan. “Karena ikut memicu terjadinya kemacetan, termasuk angkutan kota (angkot) yang seenaknya menaikkan dan menurunkan penumpang,” katanya.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here