ASITA: Konsumen Jadi Banyak Pilihan dengan Adanya Maskapai Asing

Jakarta, PONTAS.ID – Jika maskapai penerbangan asing nantinya diizinkan untuk melayani rute domestik di Indonesia oleh pemerintah RI pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, maka konsumen menjadi diuntungkan dengan banyaknya pilihan penerbangan.

Demikian disampaikan oleh Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Merry Karouwan.

Oleh karena itu, dia mengaku sangat menyambut baik wacana Presiden Jokowi membuka pintu bagi maskapai asing di bisnis penerbangan komersil nasional. Selain menguntungkan konsumen yang jadi mempunyai banyak pilihan, dengan makin banyaknya maskapai menurutnya tarif atau harga tiket pesawat akan bersaing.

“Tentu juga mereka akan beruapa memberikan servis terbaik dan maksimal. Kalau monopoli ya relatif kurang bagus. Kami mendukung dan memang ASITA mengusulkannya. Lebih banyak pilihan (maskapai), konsumen alias masyarakat diuntungkan,” kata Merry, Selasa (11/06/2019).

Wanita yang merupakan pemilik Exelcior Travel ini pun menambahkan, bahwa jika terjadi penambahan maskapai di Indonesia, kawasan Indonesia timur lah yang akan diuntungkan.

“Jika kebijakan ini jadi. Mengingat pilihan untuk transportasi di kawasan timur untuk bepergian dominan mengunakan pesawat,” ujarnya.

Pada saat ini, lanjut Merry, pelaku usaha perjalanan wisata terpukul dengan naiknya harga tiket pesawat untuk rute domestik. Pasalnya, order paket wisata sepi. Bahkan tak sedikit juga yang membatalkan perjalanan wisata karena harga tiket.

“Orang tentu pikir dua kali untuk jalan. Bagaimana harga tiket naik dua kali.lipat bahkan lebih,” tukas dia.

Penulis: Risman Septian
Editor: Stevanny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here