Pasca Pengumuman Hasil Pemilu, Ini Kata Luhut

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Koordinator Bidang maritim luhut menilai pesta demokrasi saat ini tak ada yang mengkhawatirkan dan tidak ada masalah. 

“Seperti saat kita naik pesawat terbang, pasti di perjalanan ada guncangan. Dengan pesawat yang begitu canggih seperti sekarang ini, saya kira turbulensi itu tidak terlalu masalah. Sama juga dengan kondisi sekarang ini, di dalam perjalanan demokrasi Indonesia, saya tidak melihat ada hal yang terlalu mengkhawatirkan,” ujar Luhut dalam keteranganya, Selasa (21/5/2019)  .

Menurutnya,  pemerintah menghormati peraturan perundang-undangan yang ada, menghormati hak konstitusional masyarakat untuk berdemokrasi. Tapi ada batas gerak majunya, tidak bisa dibiarkan terus.

“Kalau ada yang sudah melanggar undang-undang, maka pemerintah harus mengambil langkah hukum yang tegas dan terukur. Sekarang sudah mulai dilakukan, tidak peduli sampai ke manapun itu. Kita punya data yang sangat lengkap karena pemerintah punya instrumen untuk melihat sampai di mana kelakuan-kelakukan pelanggar. Pesan kami jelas, Anda harus tanggung jawab kalau Anda melanggar undang-undang,” Tegas Luhut

Terkait isu teroris tanggal 22 Mei bersifat politis, ia menghimbau jangan terlalu khawatir. Ia juga mengakui dirinya ikut mendorong KPU untuk cepat mengumumkan hasil pemilu 2019 agar mengindari hal-hal yang tak diinginkan.

“Saya jamin tidak politis. Tidak juga untuk menakut-nakuti. Justru saya adalah salah satu yang mendorong untuk diumumkannya hal tersebut. Karena kalau tidak diumumkan, lalu benar-benar kejadian, ada korban, maka artinya pemerintah salah karena sudah tahu tapi tidak mencegahnya dengan lebih dulu mengingatkan masyarakat,” Jelas Luhut.

“Pemerintah dan aparat terus bekerja siang dan malam. Masalah memang ada, tapi semua masih di bawah kontrol,” tutup Luhut.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here