TPID Jateng Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran

Jakarta, PONTAS.ID – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah memastikan stok kebutuhan pokok menghadapi Lebaran bakal mencukupi. Bahkan sekarang harga-harga semakin stabil, terutama bawang putih yang sempat mengalami lonjakan harga.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Jateng, Peni Rahayu memastikan kalau harga-harga kebutuhan pokok sudah semakin stabil. Harga bawang putih yang sempat melonjak, kini telah turun dan mencapai Rp32 ribu per kg.

“Kestabilan harga akan terus dipertahankan. Namun, ada yang meningkat sedikit yakni gula pasir seharusnya Rp12.500 per kg menjadi Rp13.500 kg. Tentu harus segera diantisipasi supaya tidak semakin melonjak,” kata Peni usai sidak di Pasar Manis, Purwokerto, Selasa (21/5/2019).

Ia mengatakan stok kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan Jateng hingga Lebaran mendatang dipastikan mencukupi.

“Kalau yang mengalami lonjakan hanya bawang putih. Dengan adanya impor yang masuk, maka sekarang sudah mulai terkendali harganya. Untuk kebutuhan pokok lainnya, kami pastikan akan tercukupi. Seperti bawang merah juga cukup. Apalagi beras jelas cukup. Saat sekarang juga petani tengah panen,” ujar Peni.

Menurutnya, dari pemantauan yang dilakukan di Pasar Manis, hampir seluruh kebutuhan pokok tidak ada yang mengalami lonjakan harga. Hal itu harus dipertahankan, apalagi sebetulnya stok kebutuhan pokok mencukupi sampai Lebaran.

Penulis: Hartono

Editor; Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here