ERP untuk Motor, Prasetio Sepakat Rencana Pemprov DKI

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengaku sepakat dengan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, yang berencana untuk memberlakukan kebijakan electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar, kepada kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Pasalnya menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, semua aturan harus diberlakukan adil apa adanya. Ini juga menjadi langkah yang baik menurutnya, selaras dengan misi membuat warga beralih ke transportasi massal.

“Sepakat, jadi pemerintah kan sedang bangun transportasi masal ada namanya MRT, LRT, busway nah pemerintah harus berfikir bagaimana pembayaran masyarakat untuk naik kesitu, tapi jangan kemahalan harus yang bijak supaya orang lari ke situ,” kata Prasetio di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018).

Beralih ke transportasi massal, menurut Prasetio bukan hal baru di luar negeri. Masyarakat pun dapat belajar untuk jalan sehat, dan tidak repot lagi membayar bensin, sebab transportasi modern telah disiapkan.

“Bagaimana mengurai macet? Cuman transportasi modern caranya. Uang masyarakat bisa disimpan buat kepentingan lain,” ujarnya.

Perihal waktu implementasi ERP, Prasetyo berpikir saat transportasi massal telah tersedia dengan pantas. Prasetyo tidak ingin masyarakat ingin disiplin namun jadinya melanggar lagi karena integrasi transportasi yang berantakan.

“Setelah transportasi masal itu sudah banyak. Bagaimana nempelin alat itu pada motor, bagaimana dengan alat itu di mobil, baiknya kerjasama dengan Polda,” tandas dia.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here