Ada 4.260 Pengendara Langgar ETLE Selama Uji Coba

Jakarta, PONTAS.ID РDirektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat bahwa ada sebanyak 4.260 pengendara kendaraan bermotor yang melakukan pelanggaran selama satu bulan uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sejak 1 Oktober 2018.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengungkapkan bahwa dari ribuan pelanggar tersebut mayoritas kendaraan berplat hitam.

Khusus untuk tanggal 30 Oktober 2018 atau hari terakhir uji coba, polisi mencatat 697 pelanggar. Mereka tercatat melanggar di dua titik, yakni di Jalan Medan Merdeka (kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda Indosat), juga di Jalan MH Thamrin (kawasan Sarinah).

“Di Jalan Medan Merdeka ada 149 pelanggar pada hari ke-30 kemarin. Sementara di Jalan MH Thamrin itu tercatat lebih banyak yakni 548 pelanggar,” kata Budiyanto kepada wartawan di Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah pelanggar terbanyak jika dilihat dari hari pertama uji coba justru ada pada hari ke-30. Atau dengan kata kain jumlah pelanggar bukannya menurun justru malah bertambah.

Untuk itu, Budiyanto mengimbau bagi para pengendara kiranya bisa tertib berlalu lintas dan tak melakukan pelanggaran karena dapat membahayakan pengendara lain. Belum lagi, lanjut dia, pengendara juga akan mulai ditindak pada 1 November mendatang.

“Pelanggar terbanyak didominasi pelat hitam dengan jumlah 2.280 dan yang paling sedikit pelat kedutaan dengan 26 pelanggar,” tutur dia.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here