Korupsi Benih Padi Subsidi, Begini Modus Sang Hyang Seri

Tim Satgas Anti Korupsi Kejari Sergai, ketika melakukan pemeriksaan terhadap KUPT, PPL dan Ketua PokTan se kecamatan Perbaungan, Sumatera Utara, Rabu (24/10/2018)

Sergai, PONTAS.ID.- Tim Satgas Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdang Bedagai (Sergai) terus mendalami kasus dugaan korupsi benih padi subsidi yang diduga dilakukan PT Sang Hyang Seri (SHS) Kantor Regional IV Sumatera Utara dan Kantor Cabang Deli Serdang.

Jaksa melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Urusan Pelaksana Teknis (KUPT) Pertanian, Penyuluh Pertanian Lapangan, Ketua Kelompok Tani (PokTan) dan penerima benih pada subsidi, dari 10 kecamatan di Sergai. Pemeriksaan dimulai dari kantor Camat Pantai Cermin dan Kecamatan Perbaungan, Rabu (24/10/2018).

Dari pemeriksaan yang dipimpin Ketua Tim Jaksa yang juga Kasi Pidsus Kejari Sergai, Donny Irawan Harahap menemukan jawaban berbeda saat melontarkan pertanyaan soal kualitas benih padi yang disalurkan SHS Tahun Anggaran (TA) 2016-2017.

“Kami kecewa pak! Bahkan ke depannya kelompok kami tak mau lagi membeli bibit padi dari SHS, sekalipun ada subsidi karena tak sesuai dengan apa yang digaungkan selama ini,” kata dua Ketua Kelompok Tani dari Pantai Cermin secara serempak.

Namun jawaban ini berbeda dengan hasil pemeriksaan Jaksa di Aula Kantor Camat Perbaungan yang dihadiri seratusan orang dari PPL, Ketua PokTan dari 24 Desa. Mereka memberikan jawaban berbeda, “Bagus pak,” jawab mereka serempak layaknya satu komando.

Namun saat Jaksa melanjutkan perbincangan, para KUPT, PPL dan Ketua PokTan terlihat enggan berbicara, hanya terdengar suara bisik-bisik sesama mereka di aula tersebut.

Sementara itu, KUPT Pertanian kecamatan Perbaungan, S. Sitepu menolak berkomentar ketika ditanya wartawan soal jawaban spontanitas mereka, ”Gak taulah aku pak” kata dia singkat.

Ternyata, selidik punya selidik terkuak kalau jawaban mereka ada yang mengatur, “Kalau mengatakan tidak bagus kami ditakut-takuti tidak akan menerima bantuan lagi,” kata salah satu sumber yang meminta namanya tidak disebutkan.

Dalam pemeriksaan kali ini, selain Kasi Pidsus Donny Harahap, hadir juga Kasi Intel Eduward dan beberapa Jaksa lainnya yang kebetulan sedang melakukan monitoring TP4D di kecamatan Perbaungan.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here