Cegah Sengketa Lahan di DKI, Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertipikat

Presiden Jokowi menyerahkan sertipikat kepada warga Jakarta Utara, di Lapangan C-04 KBN, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (17/10/2018)

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 10 ribu sertipikat tanah kepada warga Jakarta Utara. Penyerahan ini dilakukan secara simbolis kepada 12 orang mewakili warga Jakarta Utara dari 13 kelurahan, di Lapangan C-04 Kawasan Berikat Nusantara, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (17/10/2018).

Dalam sambutannya, Presiden mengakui, penyerahan sertipikat tersebut tidak lepas dari kerja keras dan pelayanan Kementerian Agraria da Tata Ruang /Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) baik di pusat dan daerah.

“Kepemilikan sertifikat tanah dapat menghindari sengketa lahan yang kerap terjadi baik antar masyarakat, maupun masyarakat dengan perusahaan,” kata Presiden.

Dengan kepemilikan sertipikat lanjut Presiden, masyarakat memiliki bukti kepemilikan tanah dengan kekuatan hukum yang jelas.

“Saya berikan target 5 juta di seluruh Indonesia kepada pak Menteri, ternyata bisa diselesaikan. Kalau yahun lalu biasanya saya targetkan 500,” kata Presiden.

Sebagai informasi, Kementerian ATR menargetkan sebanyak 332 ribu sertipikat tanah dibagikan di DKI Jakarta pada 2018.

Sementara itu, sebanyak 70 ribu lahan tanah yang belum memiliki sertipikat akan diselesaikan pada 2019.

Presiden dalam acara tersebut didampingi oleh MenteriATR/ Kepala BPN RI, Sofyan Djalil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Penulis: Safid Firdaus
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here