Tanam 280 Ribu Manggrove, ANSU Pecahkan Rekor MURI dan Dunia

Perwakilan MURI menyerahkan Piagam kepada Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Ketua ANSU, Sutrisno dan Ketua Bhayangkari Poldasu, Bupati, Kapolres dan Dandim 0204/DS

Serdang Bedagai, PONTAS.ID – Aksi menanam 280.000 manggrove oleh puluhan ribu nelayan tradisionil dari Aliansi Nelayan Sumatera Utara (ANSU) yang dimotori Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agus Andrianto, pada Senin (15/10/2018) berhasil memecahkan rekor MURI.

Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 5 wilayah, yakni kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara dan kabupaten Asahan.

“Dari hasil pengamatan kami, penanaman 280 ribu manggrove ini bukan saja sudah memecahkan Rekor MURI, tetapi juga sudah memecahkan rekor dunia,” ungkap Tim Museum Rekor Indonesia (MURI), Ridho dalam acara penyerahan Piagam Rekor MURI, di Serdang Bedagai, Senin (15/10/2018).

Ridho mengatakan, pihaknya juga mengrimkan tim ke lima kabupaten yang menjadi lokasi penanaman manggrove serentak tersebut, “Tim kami sebar ke lima kabupaten. Hasilnya, sungguh menakjubkan karena dalam sehari ini mampu menanam sebanyak 280.000 batang Manggrove, serentak lagi,” kata dia.

Di tempat yang sama, Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto menegaskan upaya penyelamatan biota laut dengan penanaman manggrove tersebut merupakan upaya yang dilakukan bersama-sama.

“Ini merupakan usaha kita bersama semua guna menciptakan iklim dan melestarikan lingkungan dengan memperbaiki biota laut. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh nelayan tradisional dan keluarga, seluruh elemen dan komponen yang melakukan gerakan menanam Manggrove ini,” kata Kapoldasu.

Sementara itu, Ketua ANSU, Sutrisno juga mengungkapkan, demi suksesnya acara ini, nelayan dari kelima kabupaten tersebut sengaja tidak melaut.

“Memang dampaknya, besok ikan atau udang akan sulit dibeli. Tetapi inikan juga untuk kita nantinya. Alhamdulillah apa yang kita programkan nyatanya membuahkan hasil yang baik dan kita juga nantinya yang menikmati. kata Sutrisno didampingi Sekretaris ANSU, M. Yamin menjawab PONTAS.id┬ádi lokasi acara

Acara penyerahan rekor MURI ini dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Bupati Sergai Soekirman, Ketua Bhayangkari Polda Sumut, Ny. Evi Agus Andrianto, Ketua ANSU Sutrisno, Dandim 0204/DS dan Kapolres Sergai.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here