Skybridge Tanah Abang Ditargetkan 15 Oktober Bisa Dipakai

Jakarta, PONTAS.ID – Skybridge Tanah Abang atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) di Jakarta Pusat ditargetkan sudah bisa dipakai pada Hari Senin (15/10/2018) yang akan datang, meski sampai hari ini, Kamis (11/10/2018) proses pembangunannya baru 70 persen.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan mengatakan bahwa capaian proses pembangunan 70 persen tersebut meliputi pemasangan kerangka baja yang berfungsi sebagai penyangga jembatan.

“Saya optimistis pada 15 Oktober mendatang Skybridge Tanah Abang sudah dapat digunakan oleh masyarakat,” kata Yoory, Kamis (11/10/2018).

Ditambahkan Yoory, saat ini pihaknya sedang melakukan pemasangan atap, lantai dan pembuatan ramp. Selain itu, pihaknya terus mengoptimalkan pengerjaan di lapangan dengan total pekerja mencapai 100 orang yang dibagi menjadi dua shif, yaitu shif pekerjaan siang dimulai pukul 04.00-19.00 dan pekerjaan malam dimulai pukul 19.00-04.00.

Lebih lanjut Yoory menuturkan bahwa 100 pedagang kaki lima (PKL) nantinya mulai bisa menempati kios-kios yang ada di skybridge itu. Dia menjelaskan, kios-kios yang akan ditempati para PKL berukuran 1,5 x 2 meter. Kios-kios itu berada di tengah skybridge, sementara sisi kiri dan kanannya digunakan untuk pejalan kaki.

“Sebagian, baru 100 (pedagang) target kita rencananya. Itu lebarnya yang buat jalan sekitar 3 meter di kanan dan 3 meter di kiri. Jadi kiosnya ada di tengah,” ujar Yoory.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjelaskan dari ratusan tempat yang telah disediakan, tidak semua PKL bisa langsung memasuki Skybridge.

Anies mengakui, ia akan berdiskusi dengan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Perdagangan DKI Jakarta untuk membahas lebih lanjut mengenai teknis PKL yang berjualan di Skybridge.

Untuk diketahui, PD Pembangunan Sarana Jaya telah memulai pengerjaan dan sosialisasi pembangunan Skybridge Tanah Abang sejak tanggal 3 Agustus 2018 lalu.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here