Survei LSI: Publik Rindu Pemilu 2019 Lahirkan Parpol yang Kuat

Jakarta, PONTAS.ID – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA merilis hasil survei terbaru mereka, yang menyebutkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia merindukan kelahiran partai politik (parpol) yang sangat kuat pada penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menyebutkan bahwa dalam hasil survei pihaknya, sebanyak 75,5 persen publik khawatir parpol di Indonesia semakin lama dukungannya semakin kecil. Sebanyak 15,7 persen menyatakan tidak khawatir, lalu 4,3 persen menyatakan biasa saja, dan sisanya tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 4,5 persen.

Hasil pemiihan legislatif (Pileg) yang lalu pun, ucap Rully, mengkonfirmasi fakta dukungan partai pemenang pemilu semakin kesini semakin kecil. Pada Pileg 1999, PDIP sebagai juara mendapatkan 33,7 persen. Pileg 2004 Partai Golkar sebagai juara mendapatkan 21,6 persen. Pileg 2009 Partai Demokrat juara mendapatkan 20,9 persen, dan Pileg 2014 PDIP juara dengan hanya 18,9 persen.

“Mayoritas publik setuju Indonesia akan lebih stabil jika memiliki satu partai yang kuat sekali. Sebanyak 77,8 persen menyatakan setuju Indonesia akan lebih stabil jika memiliki satu partai yang kuat sekali. 18,6 persen menyatakan tidak setuju. 1,4 persen menyatakan biasa saja. Sisanya menyatakan tidak tahu atau tidak jawab,” kata Rully di Jakarta Timur, Kamis (4/10/2018).

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada tanggal 14-22 September 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 persen.

Survei dilaksanakan di 34 propinsi di Indonesia. LSI Denny JA juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Editor: Risman Septian

Previous articleCegah Hoax ala Ratna Sarumpaet, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin Lapor Bawaslu
Next articleKopi Specialty Indonesia Raup Transaksi Potensial 5,5 Juta Dolar AS di Jepang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here