Dishub DKI Pasang Rambu Uji Coba ETLE Hari Ini

Jakarta, PONTAS.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pada hari ini, Senin (1/10/2018) melakukan pemasangan rambu lalu lintas penunjang uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik, bekerjasama dengan Polda Metro Jaya.

Hal tersebut bertepatan dengan hari pertama uji coba ETLE dilaksanakan di wilayah Ibu Kota. Plt Kepala Dishub DKI, Sigit Wijatmoko mengatakan bahwa pihaknya memang hanya menyediakan sarana dan prasarana pendukung, sedangkan penindakan akan dilakukan kepolisian.

“Yang diuji cobakan adalah bukti, yang selama ini dari bukti visual jadi elektronik, itu yang diuji coba. Jadi kinerja alatnya, prosedur penegakan hukumnya, itu yang berubah dari manual secara elektronik,” kata Sigit kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

Dalam persiapannya, Sigit mengaku belum menyediakan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) yang menandai kawasan penerapan sistem e-Tilang. Sigit menyatakan rambu baru akan dipasang sore ini.

“Kami dimintai bantuan untuk siapkan rambu petunjuk RPPJ yang menyatakan bahwa di situ adalah kawasan penegakan hukum secara elektronik. Ini lagi produksi mudah-mudahan sore selesai dan bisa dipasang,” ujarnya.

Sementara waktu, Sigit akan menyediakan Variable Message Sign (VMS) fungsinya memberikan pemberitahuan kawasan penindakan e-Tilang. Lokasi yang menjadi kawasan uji coba e-Tilang adalah perempatan Sarinah dan persimpangan Patung Kuda.

Seperti yang diketahui, sistem e-Tilang ini memantau pelanggar dari CCTV. Sehingga, nomor kendaraan dapat ditangkap dan pelanggar pun dengan otomatis diberikan teguran yang dikirim ke alat rumah pelanggar sesuai data di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Seperti diketahui, uji coba ETLE dilakukan di dua jalan protokol yakni Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman. Uji coba dimulai hari ini Senin (1/10). Namun baru ada dua kamera CCTV yang terpasang untuk memantau pelanggaran pengendara.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here