Tunggu Asian Para Games 2018, Jaring Kali Sentiong Tetap Dipasang

Jakarta, PONTAS.ID – Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang pemakaian jaring atau kain waring hitam di Kali Sentiong (atau kerap disebut Kali Item), meski penyelenggaraan Asian Games 2018 telah selesai.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Teguh Hendarwan. Dimana dia menjelaskan bahwa dilanjutkannya pemakaian jaring di Kali Sentiong itu dikarenakan masih ada event Asian Para Games yang diselenggarakan mulai 6 Oktober sampai 13 Oktober mendatang.

“Sampai sekarang belum ada arahan dari Pak Gubernur (untuk mencopot). Jadi, ini akan berlangsung sampai Asian Para Games,” kata Teguh kepada awak media di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Dia pun menambahkan, bahwa selain jaring, teknologi nano bubble juga akan tetap dipasang sampai berakhirnya Asian Para Games, 13 Oktober 2018. Nano Bubble dan waring dipasang sekitar bulan Juli untuk menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan Kali Item.

Teguh belum bisa memastikan dua alat itu akan dipasang seterusnya atau tidak. Hasil pemasangan waring dan nano bubble harus dievaluasi terlebih dahulu.

“Nanti dievaluasi dulu untuk memastikan ini dilanjutkan atau tidak,” ujar dia.

Untuk diketahui, pemasangan jaring di kali itu menghabiskan dana hingga 580,8 juta rupiah. Pengadaan itu menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 yang berada di pos Dinas SDA.

Pembelian jaring untuk Kali Item dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pembelian sepanjang 240 meter dengan nilai 192,2 juta rupiah. Kedua, pembelian sepanjang 240 meter dengan nilai yang sama. Lalu, pembelian ketiga sepanjang 246 meter senilai 196,36 juta rupiah.

Sementara pemasangan nano bubble dinyatakan berhasil mengurangi bau got di kali Item. Berdasarkan uji sampel yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup, setelah pemasangan nano bubble dan aerator, ada penurunan kadar biochemical oxygen demand, chemical oxygen demand, hidrogen sulfida di Kali Item. Unsur-unsur tersebut lah yang memicu munculnya bau busuk di Kali Item.

Editor: Risman Septian

Previous articleJokowi Diminta Jelaskan Makna Taat Aturan soal ‘Ganti Presiden’
Next articleAda Perbaikan Tol Japek Mulai Hari Ini, Cek Lokasi dan Waktunya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here