Bangga Prestasi Atlet APG 2018 Lebihi Target, Jokowi Serahkan Bonus

Bogor, PONTAS.ID – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menyerahkan bonus pada para atlet yang berprestasi di ajang Asian Para Games (APG) 2018. Dia pun menyatakan perasaan bangganya kepada para atlet yang telah berhasil mengumpulkan 35 medali emas hingga saat ini.

“Waktu saya melihat angkat berat, angkat besi, saat itu kita baru dapat 9 emas. Terus saya dibisiki ini bisa dapat 18, hari ini 18. Alhamdulillah paling tidak target sudah terlampaui,” kata Jokowi di Ruang Garuda, Istana Bogor, Kompleks Istana Kepresidenan, Jawa Barat, Sabtu (13/10).

Dia lantas menceritakan, bahwa saat mendapat informasi dirinya cukup terkejut dengan raihan atlet Asian Para Games, yang berhasil mendapat medali emas melebihi para atlet yang berlaga di Asian Games 2018 yang lalu.

“Hari berikut saya diberi tahu sekarang sudah 24. Berikutnya lagi saya diberi tahu 34. Tadi saya diberi tahu, saya dibisiki pasti ini dapat 35 emas. Kalau dapat 35 berarti kita masuk 5 besar. Yang jelas emasnya melebihi Asian Games,” ujarnya.

Dia lalu berkelakar bahwa pengeluaran APBN akan menjadi lebih banyak seiring banyaknya raihan medali emas Indonesia. Namun demikian Jokowi tetap bersyukur, bahwa APBN yang dikeluarkan untuk prestasi Indonesia.

“Tapi juga ingat, APBN yang keluar juga menjadi lebih banyak. APBN yang keluar untuk saudara-saudara lebih banyak tapi kita syukuri alhamdulillah, karena ini untuk nama Bangsa dan Negara Indonesia,” katanya.

Jokowi menuturkan negara tidak rugi meski menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk bonus para atlet ini. Alasannya mereka telah berjuang mengharumkan nama bangsa.

“Negara tidak rugi memberikan itu kepada bapak dan ibu yang telah mengangkat harkat dan martabat negara kita ke kancah Asia,” tuturnya.

Jokowi mengungkapkan rasa terima kasih atas prestasi para atlet. Bahkan, mereka melebihi target yang diberikan oleh Jokowi.

“Target yang saya berikan jelas di awal, 16 (medali emas) harus. Kemudian masuk ke 8 besar, harus. Tapi ternyata meleset semuanya, melesetnya ke atas,” pungkasnya.

Jokowi kemudian membagikan buku tabungan BRI kepada para atlet yang ada bonus dari pemerintah. Acara penyerahan bonus ini juga dihadiri oleh Menko PMK Puan Maharani, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, Menpora Imam Nahrawi, dan Dirut BRI Suprajarto.

Secara rinci, bonus bagi peraih medali emas individu adalah sebesar 1,5 miliar rupiah. Untuk pasangan atau ganda, mendapatkan 1 miliar rupiah per orang, dan 750 juta rupiah per orang untuk beregu.

Adapun peraih medali perak individu mendapatkan 500 juta rupiah, ganda 400 juta rupiah, dan beregu 300 juta rupiah per orang. Sedangkan perebut medali perunggu, dihadiahi 250 juta rupiah, ganda 200 juta rupiah dan beregu 150 juta rupiah per atlet.

Perolehan medali sementara ajang Asian Para Games 2018 hingga hari ini pukul 11.11 WIB, Indonesia berada peringkat ke-6 dengan raihan 34 emas, 44 perak, 50 perunggu.

Editor: Risman Septian

Previous articleTutup MTQ Nasional Ke-27, Wapres Ungkap Sejarah Lahirnya MTQ
Next articleSebelum Revisi Perda, Anies Sebaiknya Kaji Kebutuhan Becak di DKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here