Kali Item Tidak Bau, Anies: yang Bau di Medsos

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (kiri) dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan).

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyindir para pengguna media sosial atau netizen, yang menggunjingkan sejumlah upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dalam menangani bau busuk dari Kali Item atau Kali Sentiong.

Sindiran tersebut disampaikan Anies saat menemani Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) bersama sejumlah pihak mengunjungi Kali Item yang berada di sekitar Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (3/8/2018).

Dia menceritakan, bahwa awalnya JK bertanya kepada dirinya soal bau busuk Kali Item yang banyak diperbincangkan masyarakat. Tapi ternyata, JK justru senang melihat kondisi Wisma Atlet Kemayoran serta keadaan di Kali Item yang sudah tidak berbau busuk.

“Tadi saat kegiatan, beliau menanyakan. ‘Mana yang bau? Apa yang bau? Lalu, kami menjawab, ‘Iya Pak, memang sudah tidak bau. Yang masih bau itu di media sosial. Tapi, kalau di kalinya udah enggak ada’,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018).

Setelah itu, lanjut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, JK pun meminta pisang untuk dimakan di pinggir kali tersebut. Hal itu katanya sebagai bukti bahwa tak masalah sekalipun makan di pinggir Kali Item karena sudah tak ada lagi bau busuk.

“Jadi tadi menyaksikan juga dari dekat kondisi Kali Sentiong atau Kali Item, tidak ada lagi bau yang mengganggu. Kita di kompleks tempat makan luar, dan tempatnya di pinggir kali. Walau penanganannya dalam waktu yang pendek, mudah-mudahan bisa,” ujarnya.

Sebelumnya, Anies memang menemani JK beserta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, dan Ketua INASGOC Erick Thohir, mengunjungi Wisma Atlet Kemayoran dan Kali Item.

Saat berada di pinggir Kali Sentiong, mereka bersama-sama memakan buah pisang, guna memastikan bahwa memang benar-benar tidak ada bau busuk yang tercium dari dalam kali, yang dapat mengganggu selera makan seseorang.

“Cium bau enggak enak, enggakkan? Bau enggak, bau enggak? Kan ini hanya bau pisang saja, jadi ya sudah ketahuan kan bagaimana? Sudah tidak bau,” kata JK saat berbincang dengan awak media dalam kunjungan tersebut, Jumat (3/8/2018).

Sejumlah tindakan yang dilakukan Pemprov DKI dalam menangani bau busuk di Kali Sentiong memang sempat viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Langkah Pemprov DKI itu antara lain memasang kain waring diatas kali, dan menyemprotkan pewangi.

Para netizen di media sosial menilai langkah Pemprov DKI tersebut sangat tidak berguna dan hanya membuang-buang anggaran. Tapi kemudian pihak Pemprov DKI mendapat bantuan dari beberapa pihak dalam menangani permasalahan di Kali Sentiong tersebut.

Editor: Risman Septian

Previous articleKembangkan Halal Ekosistem, BNI Syariah Gandeng Daarut Tauhiid
Next article16 Personil Polri Korban Kecelakaan di Papua Naik Pangkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here