Wow, Progres Konstruksi MRT Jakarta Sudah 95 Persen

Jakarta, PONTAS.ID – Progres konstruksi moda transportasi mass rapid transit (MRT) Jakarta fase I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) kini mencapai 95 persen lebih. Angka tersebut terdiri atas pembangunan jalur layang (elevated) dan jalur bawah tanah (underground).

“Tepatnya 95,97 persen, yang kita bangun progres konstruksi 94,42 persen jalur atas, dan 97,53 persen underground,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Saat ini, MRT tengah melaksanakan system acceptance test (SAT) terhadap satu rangkaian rolling stock yang terdiri atas enam kereta. Pengujian tersebut dimulai sejak 9 Agustus lalu dan akan berlangsung selama lima minggu ke depan.

“First train running under low speed (kereta pertama bergerak di bawah kecepatan) di bawah 30 kilometer per jam dari 9-21 Agustus,” kata dia.

Selama lima minggu itu, kereta akan bertahap diuji coba dari Depo Lebak Bulus hingga ke titik naik penumpang di stasiun. Setelah itu, Lebak Bulus-Cipete Raya dengan pemberhentian di setiap stasiun. Petugas kontraktor juga akan mengecek fungsinya.

Kemudian, tahap ketiga kereta bisa mencapai Cipete Raya-Blok M, dan yang terakhir dari Blok M-Bundaran HI.

“Setelah dia (kereta) lolos (pada masing-masing tahapan), kecepatannya mulai ditingkatkan 45 kilometer per jam, 80 kilometer per jam, sampai 100 kilometer per jam,” jelas Willy, sapaan akrabnya.

Dia mengatakan, menuju pertengahan Maret 2019 yang ditetapkan sebagai jadwal operasional, pihaknya menyelesaikan beberapa tahapan, di antaranya testing and commisioning test, partial trial run, dan full trial run.

“184 hari counting down MRT menuju Maret. Ini akan kita selesaikan menuju ke tanggal itu,” pungkasnya.

Editor: Risman Septian

Previous articleDanau Toba Bakal Dilengkapi Destinasi Pantai, Namanya Batuhoda
Next articleJabodetabek Diprediksi Berawan Hari Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here