Melalui Asian Games Saatnya Indonesia Memukau Dunia

Obor Asian Games 2018 diserahkan ke Presiden pada Peringatan HUT Ke-73 Kemerdekaan RI.

Jakarta, PONTAS.ID – Perhelatan multi-ajang olahraga Asian Games Ke-18 di Jakarta dan Palembang hari ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk memukau dunia dengan keunggulan dan prestasi.

Presiden Joko Widodo menegaskan hal itu saat berpidato di hadapan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di Gedung Nusantara MPR RI, Jakarta, Kamis (16/8).

“Setelah penantian 56 tahun, tahun ini adalah kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games yang akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan Asian Para Games. Di dua ajang tersebut, putra-putri Indonesia akan berjuang untuk mengibarkan sang Merah Putih, bertanding untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya, berlaga untuk keharuman bangsa Indonesia,” kata Jokowi.

Saat pelaksanaan, Presiden mengatakan Indonesia akan menjamu kontingen dari 45 negara, melibatkan lebih dari 11.000 atlet dan 5.500 ofisial, atau yang terbesar sepanjang sejarah Asian Games. Di sisi lain, Asian Para Games akan menghadirkan lebih dari 5.000 anggota kontingen.

Oleh karena itu, Presiden mengajak seluruh rakyat be-kerja sama menyukseskan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games, baik demi keberhasilan sebagai tuan rumah maupun kesuksesan prestasi.

“Sebagai bangsa yang besar, sebagai salah satu mutiara terindah di Asia dan dunia, Indonesia harus menggunakan Asian Games dan Asian Para Games untuk menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah tuan rumah yang baik, bangsa yang berprestasi, bangsa juara, dan menjunjung tinggi fair play. Kita tunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi yang terdepan dalam mengangkat posisi Asia di dunia,” ujar Kepala Negara.

Dalam kesempatan berbeda, atlet panahan nasional, Riau Ega, melihat Asian Games Ke-18 sangat spesial karena bertepatan dengan HUT ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita ini sekarang menjadi tuan rumah. Karena itu, Asian Games seharusnya berlangsung wah. Apalagi ini bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia sehingga akan terasa spesial jika semua sukses, baik dari segi prestasi maupun penyelenggaraan,” kata Riau Ega, kemarin.

Termegah

Dalam Pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung Sabtu (18/8) malam, sebanyak 4.000 penari dan 2.000 pengiring musik dan penyanyi dijadwalkan tampil menyemarakkan acara.

Penanggung jawab koreografer pembukaan Asian Games 2018, Denny Malik, mengungkapkan acara itu akan menjadi yang termegah dalam sejarah Asian Games. Kekayaan budaya Indonesia yang dipadupadankan dengan teknologi modern kekinian akan ditampilkan untuk menghibur sekitar 44 ribu penonton di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Denny dan rekannya, Eko Supriyanto, akan menampilkan suguhan-suguhan tarian dan nyanyian dalam panggung yang mencerminkan kekayaan alam Indonesia.

“Kita ingin membuat budaya Indonesia lebih dikenal internasional sehingga tarian dan nyanyian tradisional kita kemas secara menarik dengan musik kontemporer dan tekno,” jelas Denny, kemarin.

Direktur Media dan PR Inasgoc Danny Buldansyah menambahkan 11 ribu prajurit TNI-Polri akan mengamankan Asian Games 2018. “Saat pembukaan, jalan di kawasan GBK akan ditutup” ujarnya.

Previous articleBuku Ahok Soroti RPTRA
Next articleKapolda Saksikan Pemberian Remisi Bagi 3.797 Napi Lapas Makassar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here