Hingga H+4 Baru 386.676 Pemudik Kembali Lewat Bakauheni-Merak

Jasa pelabuhan dan kapal penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Jakarta, PONTAS.ID – Dari total penumpang yang mudik melalui Lintasan Merak-Bakauheni 970.327 penumpang, baru 386.676 penumpang sudah kembali dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak. Artinya masih ada 583.651 penumpang yang belum kembali merujuk data PT ASDP Indonesia Ferry, Rabu (20/6/2018) pukul 08.00 WIB.

“Jumlah ini adalah 40 persen dari jumlah total penumpang yang mudik melalui lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono yang melakukan pantauan dan peninjauan langsung di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu (20/6/2018) pagi.

Djoko menambahkan, berdasarkan data sehari sebelumnya, jumlah pemudik yang kembali sebesar 28 persen. Dengan demikian terjadi penambahan sebesar 12 persen sehingga total penumpang yang sudah kembali adalah 40 persen. Dengan angka itu Djoko mengakui peningkatan jumlah penumpang yang kembali relatif stabil.

“Artinya ada peningkatan tetapi tidak ekstrem atau melonjak drastis. Relatif datar dalam artian pertambahannya itu stabil,” ujar Djoko, seperti dilansir DEPHUB.go.id, Kamis (21/6/2018).

Sementara dari hasil pantauan pihaknya pada Selasa malam, Djoko menambahkan bahwa mulai terlihat banyak bus-bus yang masuk sedangkan kendaraan pribadi sudah mulai berkurang.

“Bus-bus tersebut masuk sekitar di jam 1 sampai 2 pagi. Menurut Djoko bus-bus itu adalah bus yang berasal dari provinsi lain di Pulau Sumatera, sehingga di Jakarta bisa sampai di pagi hari,” pungkasnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleTerus Pantau BBM dan LPG, Posko ESDM Pastikan Stok Aman
Next articleSurvei Indo Barometer, Jawa Barat Krisis Lapangan Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here