Selama Bulan Ramadhan, Bawaslu Sumut Ingatkan Paslon Tidak Pasang Iklan

Aulia Andri, Komisioner Bawaslu Sumut Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga

Medan, PONTAS.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) mengingatkan seluruh pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018, tidak memasang iklan di media selama Ramadan. Komisioner Bawaslu Sumut Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Aulia Andri mengatakan, hal tersebut berlaku di seluruh media, baik cetak maupun elektronik.

“Pemasangan iklan yang dilarang dalam bentuk ucapan selamat berbuka puasa, selamat Idul Fitri, serta ceramah atau tausiah oleh pasangan calon di media penyiaran dan media cetak, sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017,” kata Aulia Andri selaku Komisioner Bawaslu Sumut Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Medan, Rabu, (16/5/18).

Menurut Aulia, satu satu pihak yang berwenang untuk memasang iklan calon kepala daerah di media cetak dan elektronik yaitu KPU selaku penyelenggaran pemilu. Dia menjelaskan pemasangan iklan oleh KPU akan dimulai pada 10 Juni 2018.

Aulia Andri juga tidak melarang partai politik jika ingin beriklan di media selama Ramadan. Namun Bawaslu Sumut melarang keras iklan tersebut mengikutsertakan paslon yang mereka dukung.

“Kalau parpolnya bertujuan untuk mengucapkan selamat berbuka puasa tanpa ada ajakan memilih paslon tertentu, itu tidak ada masalah,” ujarnya.

Dia mengatakan Bawaslu Sumut sudah berkoordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut terkait larangan iklan tersebut, Senin (14/5/2018) kemarin. Bawaslu juga meminta masyarakat ikut mengawasi pola kampanye dari paslon selama Ramadan untuk menghindari kecurangan.

“Kami sudah sampaikan dan secara admintrasi KPID akan melakukan tindakan jika ada pelanggaran. Kalau hanya kami yang melakukan pengawasa tentu tidak akan sanggup. Oleh karena itu, kami membutuhkan partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan kampanye selama Ramadan,” katanya.

Previous articleMasuki Ramadhan, Presiden Minta Polri, TNI dan BIN Pastikan Keamanan
Next articleKementan: Impor Beras Tak Perlu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here