Hari Pertama Puasa, Warga Tanjungpinang Serbu Kios Musiman

Tanjungpinang, PONTAS.ID – Sepanjang jalan DI Panjaitan KM 9, Tanjungpinang nampak mulai dipadati pengunjung untuk mencari menu berbuka puasa. Pasalnya, seperti yang diketahui bahwa pemerintah secara resmi telah menetapkan bahwa awal puasa ramadan jatuh pada hari ini, Minggu (3/4/2022).

Penelusuran PONTAS.ID, sesaat sebelum Azan Magrib berkumandang yang menandakan saatnya berbuka puasa, di berbagai jalanan banyak pedagang musiman (dadakan) yang mendirikan tempat baru dengan tenda maupun kios.

Tidak sekedar menjajakan makanan ringan seperti jajanan (kue dan sejenisnya), sejumlah minuman dan bahkan aneka makanan berat juga tersaji. Sehingga para pengunjung bisa memilih hidangan sesuai selera mereka.

Untuk di kawasan Bintan Centre KM 9, kemacetan lalulintas sedikit membumbui susana hiruk pikuk yang disebabkan animo masyarakat yang cukup tinggi dalam mengejar kios jajanan di sisa waktu yang ada. Sejumlah petugas Kepolisian bersama Dinas Perhubungan dibantu tukang parkir berusaha mengurai kemacetan demi lancarnya arus lalu lintas dan demi kelancaran masyarakat yang hendak berbelanja.

Salah tau warga, Rendy mengatakan, merasa bersyukur pada hari pertama puasa dirinya merasakan faktor cuaca yang mendukung. Ia juga merasa mudah untuk mencari menu berbuka puasa.

“Tadi siang Tanjungpinang diguyur hujan sehingga tidak terganggu akan terik matahari dan dengan adanya kios musiman seperti ini sangat membatu saya dan keluarga dalam menyajikan makanan saat berbuka nanti, ujarnya.

Kemudian Shinta, salah satu pedagang dikawasan tersebut mengungkapkan, sejak dibukanya kios (lapak) kue ini dagangannya ramai didatangi warga.

“Bedanya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini memang agak berkurang, mungkin akibat pandemi selama ini, ” ungkapnya.
Pedagang kue musiman ini menambahkan, biasanya warga atau pembeli mulai ramai datang sekitar pukul 16.00 WIB hingga menjelang buka puasa. Saat itu biasanya macet tak terhindarkan karena ramainya pembeli yang menggunakan sepeda motor, mobil hingga berjalan kaki.
Namun lanjutnya lagi, sebagian warga ada yang datang namun bukan untuk membeli. “Mereka sengaja lintas sambil menunggu waktu berbuka tiba dengan keluarganya,” tandasnya.
Penulis : Thomson Budi
Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleAntusias Masyarakat Batam, Bazar Pasar Mega Legenda Dibuka Kembali
Next articleBiosolar Langka, DPD Duga Terkait dengan Kenaikan Harga Ekspor CPO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here