Jelang Ramadan, Pemerintah Diminta Perhatikan Harga Bahan Pokok

Kebutuhan Bahan Pokok (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Menjelang bulan Ramadan biasanya harga bahan pokok di pasaran mengalami peningkatan harga. Untuk itu DPR meminta agar pemertintah memperhatikan harga-harga bahan pokok agar tak membebani masyarakat.

“Pemerintah harus turun ke bawah memperhatikan sembilan bahan pokok. Mereka harus juga memastikan para petani tidak mengalami kekeringan agar hasil panennya bagus,” ujar Anggota Komisi IV DPR Kasriyah kepada pontas.id, Jumat (20/4/2018).

Dijelaskan Kasriyah, menjelang Ramadan tiba biasanya harga bahan pokok di pasaran mengalami kenaikan. Tak hanya Ramadan, ia juga mengatakan kenaikan terjadi menjelang hari raya Idul Fitri.

“Kenaikan harga pokok ini biasanya terjadi pada Ramadan dan juga pada menjelang Idul Fitri. Menjelang Idul Fitri misalnya, harga daging biasanya naik,” kata dia.

Ia mengakui, sulit untuk menghindari harga bahan pokok di lapangan. Namun Kasriyah meminta agar kenaikan yang terjadi di pasaran tidak sampai membuat masyarakat resah.

Menurutnya Ramadan dan Idul Fitri mendatang berbarengan dengan tahun ajaran baru. Oleh karena itu kebutuhan masyarakat pasti meningkat untuk biaya sekolah anaknya. Belum lagi dengan berbagai kebutuhan lainnya di Idul Fitri seperti membeli baju lebaran.

Tak hanya memperhatikan bahan pokok, anggota dari Fraksi PPP itu pun meminta pemerintah untuk memperhatikan sektor pertanian agar berhasil panen di segala komoditas.

Untuk menjaga harga beras dan komoditas pertanian lainnya, pemerintah perlu memastikan petani tidak terjerat oleh tengkulak. Itu agar mereka bisa mendapatkan harga sesuai dengan keinginan.

Previous articleMenpar Prediksi Nasib Travel Agen Tergilas Perkembangan Teknologi
Next articleJokowi: Pesona Alam NTB Patut Diacungi Jempol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here