Menteri KKP: Wisatawan dan Warga Harus Memelihara Kebersihan

Pantai Pangandaran

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti prihatin, kecewa saat melihat Pantai Pangandaran, Jawa Barat, dipenuhi sampah-sampah plastik, sehingga kondisinya sangat kumuh dan kotor. Menteri Susi menduga aksi buang sampah sembarangan itu dilakukan wisatawan yang datang.

“Saya lahir dan tumbuh disini dan dulu suka berenang ke tengah laut karena airnya masih bersih dan tanpa sampah. Sekarang saya sedih karena sampah plastik ada di mana-mana, di daratan hingga perairan,” Kata Susi selaku Menteri KKP, Jakarta, Kamis, (19/4/18).

Ia meminta Pemkab Pangandaran lebih serius menghadapi masalah kebersihan di daerah wisata ini. “Wisatawan dan warga harus memiliki kesadaran untuk memelihara lingkungan karena tanpa kebersihan yang baik, nilai jual Pantai Pangandaran akan sangat berkurang.” sarannya.

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai di Jawa Barat yang terkenal karena keindahan dari pemandangan yang diberikan, tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini selama musim liburan. Pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran dari kabupaten Ciamis dan terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya ada di desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Memang tak kalah dengan Pantai Gunung Kidul yang ada di Yogyakarta, pemandangan yang diberikan sangatlah memukau mata saat pertama kali datang ke tempat ini, deburan ombak yang memukau dan keindahan kapal nelayan saat mulai sore hari.

Banyak warga sekitar yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, mereka mencari ikan di dekat Pantai Pangandaran yang tentunya menambah kesan keindahan tersendiri bagi pantai tersebut, jaring-jaring dari nelayan mulai bertebaran dihiasi warna yang unik dan elok jika dilihat dari kejauhan.

Di pantai ini, juga dapat menikmati bersepeda yang sudah disewakan disekitar tempat tersebut sambil menikmati angin laut yang segar, ada juga jasa untuk naik ke perahu pesiar, memancing, parasailing hingga bermain jetski, sungguh akan membuat anda seperti berada di luar negeri.

Uniknya lagi banyak penginapan yang disediakan di sekitar rumah warga yang tentunya dekat dengan bibir pantai, penginapan yang terlihat sederhana namun memiliki bangunan yang modern dan tentunya disuguhkan dengan keindahan pantai nan eksotik. Anda juga akan diantar oleh becak-becak khas Pangandaran yang akan mengantar anda dari penginapan hingga menuju ke beberapa tempat di pantai ini.

Setiap tempat wisata khususnya pantai pasti memiliki spot-spot atau tempat untuk melihat pemandangan paling bagus dari tempat tersebut, untuk wisata Pangandaran sendiri memiliki 3 spot yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Pantai Panannung, Pantai timur, dan tempat belanja Souvenir.

Previous articleRomy Ditantang Deklarasikan Jadi Cawapres Jokowi
Next articlePramono Maklumi Gorengan Isu TKA Marak di Tahun Politik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here