Buka Rakerda SMSI Jawa Barat, Ini Pesan Wakil Gubernur

Bekasi, PONTAS.ID – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke- 4 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jawa Barat resmi dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Kegiatan ini digelar di Aula Grandzuri Hotel Jababeka, Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Rabu (24/3/2021).

“Kami memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya kepada SMSI dan mudah-mudahan akan lebih maju ke depan. Tentunya dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Provinsi Jawa Barat,” tutur Uu Ruzhanul Ulum, melalui keterangan resminya, Kamis (25/3/2021).

Dirinya berharap hasil Rakerda SMSI ini dapat melahirkan rumusan-rumusan program kerja.

“Kita selaku pemerintah tentunya siap memfasilitasi, saya harapkan pemerintah kota dan kabupaten bisa melakukan hal sama, menggandeng SMSI untuk menyukseskan program pembangunan di daerahnya masing-masing,” kata Wagub.

Konstituen Dewan Pers
Sebelumnya ketua Umum SMSI, Firdaus mengungkapkan, perusahaan media siber yang telah bergabung di SMSI sebanyak 1.300 lebih yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota. “SMSI ini belumlah seumur jagung, tapi Alhamdulillah, statusnya sudah menjadi konstituen Dewan Pers,” ujar Firdaus.

Mantan ketua PWI Provinsi Banten itu juga menekankan pentingnya News Room Siberindo dalam mempertahankan peran dan eksistensi perusahaan media yang tergabung dalam SMSI.

Ketua SMSI Jawa Barat, Hardiyansyah menambahkan, di Provinsi Jawa Barat, saat ini sudah terdaftar sebanyak 143 perusahaan media siber yang berada di bawah naungan SMSI, “Semuanya sudah memenuhi persyaratan sebagai sebuah perusahaan media,” kata Hardiyansah.

Usai resmi dibuka Wakil Gubernur, Hardiyansyah, memberikan sertifikat keanggotaan Media Siber Polda Metro Jaya, Satyajayaphala.id kepada Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya, Kompol Budi Prasetya.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Bekasi, B.N Holik Qodratullah, berharap peran aktif media-media di bawah SMSI dapat memberikan informasi yang menyejukkan, “Sehingga, generasi muda kita tidak terjerumus pada informasi yang tidak benar, apalagi menyesatkan,” kata Holik.

Momen Konsolidasi
Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono juga berharap Rakerda SMSI Jawa Barat dapat menjadi momen konsolidasi, “Menyusun program kemudian bisa menyiapkan langkah-langkah dalam rangka kemajuan Jawa Barat pada umumnya dan Kota Bekasi secara khusus,” kata Tri.

Sementara itu, ketua SMSI Bekasi Raya Doni Ardon dalam laporannya mengatakan Rakerda SMSI Jawa Barat tahun 2021dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita menyediakan masker dan pencuci tangan bagi peserta yang hadir dan membatasi jumlah peserta sebanyak 25 persen dari kapasitas aula,” ucapnya.

Sebagai informasi, Rakerda SMSI Provinsi Jawa Barat, juga diisi dengan Workshop bertajuk “Membangun Media Siber yang Sehat, Berkualitas dan Profesional,” dengan narasumber pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bekas, Fatulloh dan CEO ProPS Google Channel Partner, Ilona Juwita.

Turut hadir Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Setiaji, Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah, Komandan Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Metro Jaya, Kompol Budi Prasetya, Ketua PWI Bekasi Raya, Melody Sinaga.

Kemudian, Kepala Diskominfo Kota Bekasi, Kepala Diskominfo Kabupaten Bekasi, para pemilik-pemilik media siber Jawa Barat serta perwakilan pengurus SMSI Kabupaten dan Kota.

Penulis: Sony Irawan
Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here