Tingkatkan Peran Wanita Dalam Pembangunan SDA, Pemprov Jabar Laksanakan Verifikasi Program P2WKSS

Indramayu, Pontas.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melaksanakan Verifikasi Akhir Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yang dilaksanakan di Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Indramayu, Selasa (12/06/2022).
Ketua Tim Evaluasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat Ade Ratnawati, menuturkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sampai dengan saat ini khususnya Badan Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan program P2WKSS, karena program ini sangat sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Pemprov Jabar.
Ade menjelaskan Program terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) serta lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat desa khususnya perempuan sebagai penggeraknya.
“Program ini juga merupakan implementasi 5 arah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meliputi peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan berperspektif gender, meningkatkan peran ibu atau keluarga dalam pengasuhan atau pendidikan anak, penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerjaan anak dan pencegahan perkawinan anak,” terangnya .
Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) juga sebagai Plt Kepala Disduk-P3A Indramayu, Sri Wulaningsih, evaluasi P2WKSS dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan peran Ibu-ibu PKK, bertujuan para wanita bisa berdikari, maju bersama yang berkelanjutan, agar bisa sejahtera serta dapat berdampak meningkat daya bersaing desa melalui usaha kecil dengan memperkuat daerah dan desa.
“Evaluasi ini diarahkan kepada Ibu-ibu milenial sebagai penggeraknya, terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah bersama dengan PKK Desa Kroya, meskipun jumlah Ibu-ibu lebih banyak. Karena itu dinas sosial memberi perhatian dengan adanya usaha-usaha kecil terutama untuk Ibu-ibu supaya bisa mandiri,” katanya.
menurut Sri Wulaningsih, untuk percepatan pembangunan masyarakat sekarang ini program Peri sudah sangat cocok dengan adanya P2WKSS. Sri Wulaningsih juga berharap, bisa memacu dan memotivasi desa, dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman terbaik kepada masyarakat.
“Melalui Program Peri sudah sangat nyambung banget dengan adanya P2KWSS, mereka juga diberi bantuan permodalan untuk meningkatkan hasil produk UMKM, dan program ini juga sebagai pendukung di bidang infrastruktur pendidikan dan masih banyak lagi,” ungkapnya.
Selanjutnya Ketua TP-PKK Desa Kroya Fahrun Nisa menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Indramayu dan Pemprov Jabar karena desanya menjadi sasaran program P2WKSS bidang sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur.
Penulis: Cartono
Editor: Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleBupati Saidi Mansyur Paparkan RDTR Gambut Kertak Hanyar
Next articleJaga Kondusifitas, Polsek Buay Madang Buat Nomor Aduan via WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here