Perkuat Kemampuan Komunikasi, Bupati Sergai Gelar Workshop

Sergai, PONTAS.ID – Guna memperdalam komunikasi di depan umum dan dalam kehidupan sehari-hari bagi Ketua PKK Desa, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) gelar Workshop Public Speaking di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, di Seirampah, Selasa (7/6/2022).

Hal ini dikatakan Bupati Sergai Darma Wijaya di hadapan Ketua TP PKK Sergai Ny. Rosmaida Saragih, Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara , Ketua DWP Ny. Uke Retno, Asisten Pemerintahan dan Kesra Nina Deliana Hutabarat, Kadis PMD Sri Rahmayani,serta para Kader PKK Kecamatan se-Kabupaten Sergai.

“Public Speaking merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang, dalam menyampaikan atau mempresentasikan suatu topik di depan umum. Seseorang bisa mengantarkan informasi secara jelas di hadapan audiens dengan menguasai dan menerapkan teknik berbicara yang tepat,” kata Bupati.

Jika poin terpenting dari keahlian public speaking,lanjut Bupati adalah bagaimana seseorang dapat berbicara dengan baik dan terstruktur sehingga gagasan yang ingin disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh orang banyak.

“Selain mengandalkan cara berkomunikasi, skill ini juga perlu dibarengi dengan keyakinan diri dengan kadar yang pas. Pembawaan yang baik dapat membantu audience merasa nyaman pada performa anda saat menyampaikan sesuatu. Dari rasa percaya diri ini juga akan menggiring speaker atau pembicara memiliki body language yang tepat,” katanya.

Dalam kesempatan ini Bupati berbagi cerita dan pengalaman sewaktu masih menjabat sebagai Wakil Bupati. Ia mengaku sempat grogi untuk berbicara di depan umum seperti ini, namun karena terus berlatih dan bertanya khususnya kepada istri usai berpidato, dan mendapat banyak masukan. Selain itu dengan seringnya berbicara di depan umum tentu akan mengasah kemampuan kita berbicara sehingga tidak merasa grogi dan gugup lagi, ungkapnya.

“Semoga dengan kegiatan ini, para Ketua PKK Desa yang baru dapat memahami dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat hari ini untuk membantu para suami (Kepala Desa) dalam memajukan desa dan mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” tutup Bupati.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sergai Ny.Rosmaida mengutarakan, Ketua PKK Desa yang juga isri dari Kepala Desa harus mampu menyampaikan setiap program pemerintahan desa dan kabupaten, kepada masyarakat dengan bahasa yang baik sehingga dapat di pahami oleh masyarakat.

“Saya berharap, para peserta dapat menyerap ilmu dan diterapkan di masyarakat. Kemudian berani berbicara di depan umum dan membantu tugas para suami di desa masing-masing,” harapnya.

Ny.Uke Retno dikesempatan yang sama menyampaikan laporannya, kalau kegiatan ini bertujuan untuk melatih Public Speaking Ketua TP PKK Desa sehingga memiliki pengetahuan dan rasa percaya diri untuk berbicara di depan umum. Kegiatan ini diikuti oleh para Ketua PKK Desa yang baru dilantik beberapa waktu lalu,jelasnya.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous article3 Tahun Sertipikat PTSL di Jaksel Tak Jelas, Sofyan Djalil jadi Sorotan
Next articleIndonesia Tunjukkan Komitmen Tata Kelola Data di DEWG G20 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here