Stafsus Menteri Sindir Ahok, Yusri Usman: Arya Sinulingga Lancang!

Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman

Medan, PONTAS.ID – Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman menilai sikap Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga terkesan lancang. Pasalnya, Arya kebablasan dengan mengingatkan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar tidak merasa menjadi direktur utama.

“Karena pernyatan Arya itu adalah sikap salah kaprah alias gagal paham, malah seolah mencoba mengaburkan yang sudah jelas di bawah matahari,” ungkap Yusri, melalui keterangan tertulisnya kepada PONTAS.id, Selasa (30/11/2021).

Seharusnya, lanjut Yusri, Arya membaca terlebih dulu Undang Undang BUMN, baru bicara ke media.

“Selain itu dia hanya sebagai Staf Khusus Menteri BUMN, sehingga bukan kapasitas dia mengomentari atas sikap Ahok yang selaku Komut Pertamina memang harus menjaga proses bisnis di Pertamina agar menjunjung tinggi prinsip Good Corporate Governance (GCG),” ungkap Yusri.

“Arya harusnya baca dulu walau mungkin gak paham bunyi pasal 31 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang tugas seorang Komisaris BUMN, yakni mengawasi direksi dalam menjalankan kepengurusan persero, serta memberikan nasehat kepada direksi,” lanjut Yusri.

Menurut Yusri, dari hasil pengawasannya, Ahok selaku komisaris memang berhak dan sudah sepatutnya bicara atau bahkan melaporkan kepada publik atau penegak hukum jika mencurigai adanya praktek pratek yang merugikan Pertamina.

“Bukankah Pertamina itu BUMN yang berarti milik negara dan merupakan perusahaan dari dan untuk kepentingan sebesar-besarnya rakyat Indonesia?,” tukas Yusri.

Yusri mengungkapkan, publik menangkap Arya Sinulingga terkesan bicara menyerang Ahok diduga atas pesanan orang yang terganggu atas komentar Ahok baru-baru ini.

Ahok dalam akun Youtube “Panggil Saya BTP” baru-baru ini menyatakan dengan tegas ketidak setujuannya atas rencana BUMN Indonesia Battery Corporation (IBC) akan mengakuisi perusahan mobil listrik di Jerman, Street Scooter.

Ahok menyatakan kepada direksi PT Pertamina Power Indonesia sebagai pemegang saham 25 persen IBC, supaya berhati-hati dalam membeli perusahaan untuk bisnis baru dengan menggunakan dana yang cukup besar.

“Anda mengarang atau memberikan future vuluasi dasarnya apa? Ini barang baru loh, harus hati-hati,” kata Ahok dalam akun Youtube itu.

Intinya, Ahok mengatakan dari hasil uji tuntas rencana akuisisi itu menunjukan tidak layak diakuisisi.

Bahkan ada info gara-gara ada penolakan dari Orias Petrus Moedak dan kawan-kawan sebagai Dirut MIND ID inilah yang menyebabkan dia dilengserkan oleh Kementerian BUMN. Yusri merujuk informasi dari Medcom yang diterbitkan pada 24 November 2021 lalu.

Diketahui, bahwa MIND ID bersama PT PLN (Persero), PT Pertamina Power Indonesia dan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk merupakan pemilik saham masing masing 25 persen di holding IBC.

“Dengan demikian, serangan Arya Sinulingga ke Ahok di berbagai media cetak dan online, itu bagi publik mengesankan upaya pasang badan untuk menjilat sekaligus menyelamatkan muka Erick Tohir sebagai penggagas akuisisi pabrik mobil listrik Jerman Street Scooter itu,” ungkap Yusri.

Yusri mengatakan, konon kabarnya Direktur Keuangan IBC Shirly Shinta juga mengundurkan diri dari jabatannya karena tidak setuju usulan akuisisi Street Scooter itu.

“Bahkan infonya, ada upaya membujuk untuk tidak mengundurkan diri dengan tawaran menjadi Dirut, tetapi Shirly menolaknya dan konon dia menolak juga diajak ikut bersama rombongan berkunjung ke Jerman,” tutup Yusri.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

 

Previous articleWaspadai Epidemi Varian Omicron, DPD Minta Panitia Reuni 212 Batalkan Kegiatannya
Next articleUpaya Mitigasi Penyebaran Varian Baru Covid-19 Harus Konsisten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here