5 Jam Berjibaku, Pertamina Berhasil Padamkam Api di Kilang Cilacap

Cilacap, PONTAS.ID – Petugas PT. Kilang Pertamina Internasional berhasil memadamkan api yang membakar satu tangki Pertalite di Kilang Pertamina Cilacap yang terbakar pada Sabtu (13/11/2021) sejak pukul 17.20 WIB.

“Alhamdulillah. Informasi pukul 23.05 WIB (Sabtu, 13 November 2021) tadi api sudah padam dan terus dilakukan pendinginan,” kata Corporate Secretary, PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, kepada PONTAS.id, Minggu (14/11/2021) dini hari.

Sementara warga yang sempat diungsikan, sejak pukul 23.10 WIB tadi “Suudah berangsur-angsur kembali ke kediaman masing-masing,” kata Ifky

Beberapa saat setelah terjadimya kebakaran, Pertamina terus berupaya memadamkan kobaran api di salah satu tangki yang berada di area Kilang Cilacap dengan offensive fire fighting. Meski demikian, operasional Kilang saat ini dipastikan tetap berjalan normal.

“Saat ini telah dilakukan penyekatan api di seputar tangki dan fire fighting dengan fire truck dan hydrant. Selain itu, tim Pertamina juga melakukan penyiapan offensive fire fighting,” jelas Ifki.

Pertamina terus berupaya memadamkan kobaran api di salah satu tangki yang berada di area Kilang Cilacap dengan offensive fire fighting. Meski demikian, operasional Kilang saat ini dipastikan tetap berjalan normal.

“Saat ini telah dilakukan penyekatan api di seputar tangki dan fire fighting dengan fire truck dan hydrant,” papar Ifki

Ifki menambahkan, selain upaya pemadaman titik api, Pertamina juga telah menyalakan water sprinkle sebagai upaya pendinginan tanki-tanki sekitar titik api

Pertamina mengerahkan sekitar 50 personel dari Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) dan 30 personel pemadam dari internal Pertamina untuk melakukan upaya pemadaman tangki yang terbakar.

Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk menjauh dari lokasi kejadian. Masyarakat di kelurahan Lomanis juga tengah dilakukan pengamanan ke dua lokasi di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis.

“Kami mohon support dan doa seluruh masyarakat Indonesia, agar insiden ini dapat segera tertangani,” beber Ifki.

Sebelumnya, satu buah tangki berisi produk Pertalite di kilang Cilacap, Jawa Tengah milik PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terbakar pada Sabtu (13/11/2021). Kebakaran terjadi mulai sekitar pukul 19.20 WIB.

“Pertamina saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Saat ini Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran,” jelas Ifky.

Pertamina juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

“Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman,” jelasnya.

Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman, “Dan tidak mengalami gangguan,” katanya.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleAmankan Kebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Libatkan TNI Polri
Next articleKomisi III Soroti Sanksi Terhadap Oknum Polisi di Sumut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here