Amankan Kebakaran Kilang Cilacap, Pertamina Libatkan TNI Polri

Kilang Pertamina Cilacap //Foto: Pertamina

Cilacap, PONTAS.ID – PT. Kilang Pertamina Internasional terus berupaya memadamkan kobaran api di salah satu tangki yang berada di area Kilang Cilacap dengan offensive fire fighting. Meski demikian, operasional Kilang saat ini dipastikan tetap berjalan normal.

“Saat ini telah dilakukan penyekatan api di seputar tangki dan fire fighting dengan fire truck dan hydrant. Selain itu, tim Pertamina juga melakukan penyiapan offensive fire fighting,” jelas Corporate Secretary, PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, kepada PONTAS.id, Sabtu (13/11/2021) malam.

Tak hanya itu, pihaknya juga kata Ifky telah menyiapka Stok foam untuk pemadaman mencapai 193 ribu liter.

Ifki menambahkan, selain upaya pemadaman titik api, Pertamina juga telah menyalakan water sprinkle sebagai upaya pendinginan tanki-tanki sekitar titik api

Saat ini Pertamina mengerahkan sekitar 50 personel dari Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) dan 30 personel pemadam dari internal Pertamina untuk melakukan upaya pemadaman tangki yang terbakar.

“Pertamina juga melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk pengamanan kondisi di lokasi sekitar area kejadian,” kata Ifky.

Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk menjauh dari lokasi kejadian. Masyarakat di kelurahan Lomanis juga tengah dilakukan pengamanan ke dua lokasi di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis.

“Kami mohon support dan doa seluruh masyarakat Indonesia, agar insiden ini dapat segera tertangani,” tutup Ifki.

Tangki Pertalite
Sebelumnya, 1 buah tangki berisi produk Pertalite di kilang Cilacap, Jawa Tengah milik PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) terbakar pada Sabtu (13/11/2021). Kebakaran terjadi mulai sekitar pukul 19.20 WIB.

“Pertamina saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Saat ini Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran,” jelas Ifky.

Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

“Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman,” jelasnya.

Saat ini, Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman, “Dan tidak mengalami gangguan,” katanya.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady

Previous article1 Tangki Pertalite Kilang Cilacap Terbakar, Pertamina: Tak Ganggu Pasokan
Next article5 Jam Berjibaku, Pertamina Berhasil Padamkam Api di Kilang Cilacap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here