Antisipasi Bencana saat Musim Penghujan, Bupati Kendal Gelar Apel Siaga

Kendal, PONTAS.ID – Bupati Kendal Dico M Ganinduto memimpin langsung Apel Siaga Bencana dalam rangka Menghadapi Musim Hujan Dan Bencana Hidrometeorologi Banjir, Tanah Longsor Dan Angin Puting Beliung di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (4/11/2021).

Pada Apel Siaga yang dilaksanakan di Lapangan Desa Korowelang KulonKulon Kecamatan Cepiring Kendal, Bupati menyampaikan jika Posko Siaga bencana di setiap Desa untuk kembali diaktifkan.

“Termasuk setiap OPD dan seluruh Stakeholder untuk dapat melakukan koordinasi dalam mempersiapkan personil maupun peralatan,” tegasnya.

Dico M. Ganinduto menuturkan bencana banjir yang diakui apabila pada musim penghujan dan curah hujan tinggi potensi terjadinya banjir menjadi meningkat.

“Kita akui bencana banjir semisal curah hujan tinggi tentu masih ada beberapa titik di Kendal yang berpotensi banjir. termasuk kawasan Sungai Bodri masih terdapat 6 titik rawan yang dalam hal ini masih dalam pengerjaan,” jelas Dico.

Adapun pada giat apel tersebut, turut dilakukan simulasi penanganan bencana dampak angin puting beliung yang diperagakan BPBD Kendal dan berkolaborasi dengan Damkar Kendal, PSC Kendal serta PLN.

Pada Simulasi tersebut menggambarkan bahwa terjadinya bencana anging dan mengakibatkan pohon tumbang sehingga merusak rumah warga termasuk kecelakaan kendaraan yang diakibatkan adanya pohon tumbang.

Peran BPBD dan pihak lain menampilkan upaya evakuasi sesuai dengan SOP penyelamatan, untuk pelaporan terjadinya bencana dilakukan melalui panggilan darurat 112 yang telah disediakan Pemerintah Kendal.

Dico M. Ganinduto berharap kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan panggilan darurat 112 dengan memberikan pelaporan secara cepat apabila terjadi bencana. terkait peralatan penyelamatan yang dimiliki oleh BPBD dan simulasi evakuasi yang telah dilakukan Bupati menilai sangat baik.

“Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan produk dari UMKM Desa Korowelang Kulon dan sekitarnya oleh Bupati Kendal, juga meninjau produk pengolahan ikan asi,” pungkasnya.

Penulis: Prawoto
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleKodim Tegal Siapkan 550 Dosis Vaksin bagi Warga Sidapurna
Next articleBantah Ancam Pidanakan Wartawan Terkait Dana BOS, Ini Penjelasan Sudindik Jaksel II

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here