Kapolres Kendal Pimpin Penanaman 62.500 Mangrove di PIK

Kendal, PONTAS.ID-Kapolres Kendal AKBP Yanuar Arifianto bersama Bupati Kendal serta Dandim 0715 Kendal ikuti kegiatan menanam mangrove di pesisir Pantai Indah Kemangi dalam rangka untuk mencegah terkikisnya daratan akibat abrasi air laut di Kabupaten Kendal.

Kegiatan ini juga sekaligus sebagai Program Polda Jateng Mageri Segoro, yang dilaksanakan secara serentak di 13 Polres Jajaran Polda Jateng yang mempunyai pesisir pantai.

Program penanaman mangrove dengan tema Polda Jateng Mageri Segoro kali ini dipusatkan di Pantai Indah Kemangi (PIK) Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (12/10/2021).

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto dalam sambutannya mengungkapkan tujuan Polda Jateng Mageri Segoro untuk mencegah abrasi.

“Dalam program Polda Jateng Mageri Segoro di pesisir pantai utara yang kita pusatkan di Pantai Indah Kemangi ini adalah untuk merehabilitasi hutan mangrove, mencegah terjadinya abrasi, mengurangi emisi karbon serta menjaga ekosistem di pesisir pantai utara dan di Pantai Indah Kemangi ini. Ada 62.500 bibit mangrove serta 150 bibit cemara laut yang kita tanam,” jelas AKBP Yanuar.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Kendal Dico M Ganinduto sekaligus mengucapkan terimakasih serta apresiasi atas program Polda Jateng yang dilaksanakan oleh Polres Kendal dengan harapan akan menjadi dampak yang luar biasa ke depannya untuk menjaga kelestarian pesisir pantai di Kabupaten Kendal.

“Kami usulkan empat desa di Kabupaten Kendal di Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk dijadikan destinasi wisata mangrove serta rencana ke depan akan diberikan bibit mangrove sebanyak 1 juta,” ungkap Bupati Kendal.

Senada juga disampaikan Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto atas dukungan program Polda Jateng. “Saya secara pribadi dan kedinasan mendukung program Polda Jateng Mageri Segoro, penanaman mangrove di pesisir pantai selain mengurangi abrasi juga sebagai penambah keindahan di obyek wisata Pantai Indah Kemangi,” kata Letkol Inf Iman.

Kegiatan ini diikuti oleh Bupati Kendal Dico M Ganindito, Kapolres Kendal AKBP Yanuar Ariefianto, Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Iman Widhiarto, PJU Polres Kendal, Kapolsek Kangkung, Camat Kangkung, Koramil Kangkung, Plt Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal Drh Budi Sambodo, Kepala BPBD Kabupaten Kendal, Kepala desa Jungsemi dan aktivis lingkungan hidup Kabupaten Kendal.

Penulis: Prawoto

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here