Konsisten Jalankan Program Strategis, DPR RI: BPN Ini Luar Biasa

Kota Kupang, PONTAS.ID – Anggota Komisi II DPR RI, Drs. Yakobus Jacky Uli, M.Hum mengapresiasi kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pasalnya, ATR/BPN dinilai telah bekerja keras dalam mendaftarkan seluruh bidang tanah di Indonesia melalui program strategisnya yakni Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Ini perlu diapresiasi, pendaftaran Tanah PTSL ini sangat berfungsi dalam mendorong reforma agraria di NTT. Khusus Pulau Semau saya dengar telah dilaksanakan Reforma Agraria dan berhasil, saya anggap ini luar biasa,” ujarnya saat menghadiri Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Hotel Aston, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (27/10/2021).

Meski demikian, ia menyarankan kepada seluruh insan ATR/BPN agar terus memberikan kinerja yang optimal. Hal itu disampaikannya lantaran mengetahui paparan target pemerintah terkait pendaftaran tanah tahun 2025 yang dinilai cukup besar.

“Mesti kerja lebih keras lagi. Ini berat, setelah saya mendengar paparan dari menteri ATR/BPN (Sofyan Djalil) pada waktu itu. Bahkan menurut saya berat sekali, tapi kita doakan semoga semua target pada tahun 2025 bisa tercapai,” imbuhnya

Tak hanya terkait program strategis, politisi partai Nasdem itu juga meminta kepada Kementerian ATR/BPN untuk selalu bersinergi dengan lembaga penegak hukum dalam memberantas mafia tanah demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Persoalan mafia tanah ini sangat serius ditanggapi oleh bapak presiden Jokowi. Di DPR, saya juga bertindak sebagai Panitia kerja khusus mafia tanah. Artinya, saya akan turun langsung jika ada indikasi seperti itu, mudah-mudahan di NTT ini tidak ada hal semacam itu,” tandasnya

Sementara itu, apresiasi tidak hanya datang dari anggota DPR RI, namun juga dari masyarakat Kota Kupang. Usman Uru (67) warga Kelurahan Penkase Oeleta, kecamatan Alak yang mengaku sebagai pensiunan ini merasa gembira lantaran telah menerima Sertipikat melalui program PTSL.

“Bagi masyarakat seperti kami ini sangat terbantu dengan adanya program PTSL, sebab pengakukan hak tanah secara legal kita jadi punya. Jadi saya berharap pelayanan seperti ini agar dipertahankan tidak boleh dihentikan. Terimakasih kepada pemangku kepentingan terutama ATR/BPN,” tutupnya.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleCegah Gelombang Ketiga Covid-19, DPR Dukung Pemerinah Hapus Cuti Bersama Saat Nataru
Next articleDPR: Potensi Parekraf Perlu Digenjot Pusat-Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here