Penuhi Janji Kampanye, Bupati Tanah Bumbu Bangun Pabrik Ikan Kemasan

Tanah Bumbu,  PONTAS.ID  – Rencana pembangunan pabrik pengalengan ikan di Kabupaten Tanah Bumbu yang pernah dijanjikan Bupati HM Zairullah Azhar saat masih kampanye ternyata bukan omong belaka.

Pasalnya, saat ini Dinas Perikanan Tanah Bumbu sudah bergerak untuk mengumpulkan informasi dan konsultasi hingga ke Kementrian Perikanan dan Kelautan.

“Kami sudah konsultasi ke Dirjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan Perikanan, di sana kami menyampaikan keinginan pak Bupati yang ingin membangun pabrik pengalengan ikan,” kata Plt Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, Kamis (10/6/2021).

Yulian mengungkapkan, konsultasi tersebut memang tak masuk fisik pabrik, karena di sana hanya unit pengolahan ikan. Kendati demikian, bisa diatasi dengan menyuplai bahan baku.

“Misalnya bahan baku ikan laut, yang kita siapkan adalah gudang beku atau gudang es,” tuturnya.

Karena menurutnya, gudang beku tersebut dapat dipergunakan setiap waktu untuk menyimpan ikan, dan karena tidak setiap waktu ada ikan, jika bukan musimnya.

Saat ini kata dia, Dinas Perikanan mengusulkan pembangunan pabrik es yang nanti dikelola pihak ketiga dan sudah dilaporkan ke Pusat.

“Dinas akan membantu menyiapkan proposalnya karena sifatnya pabrik Pengalengan Ikan adalah industri, maka sudah koordinasikan dengan Dinas Perindustrian Kabupaten,” ucapnya.

Langkah lain yang dilakukan Pemda adalah melaksanakan studi kelayakan untuk lokasi pendirian pabrik, menentukan jenis ikan yang cocok dan memprediksi pangsa pasar.

Lantaran berada di wilayah pesisir yang panjang, maka kemungkinan jenis ikan yang cocok adalah ikan payau.

“Kalau kita lihat sepertinya ikan bandeng, bisa dioptimalkan lagi dan itu dianggap mampu untuk menyuplai bila itu terbangun. Tinggal pengoptimalan saja lagi,” katanya.

Sementara itu, pelaku usaha perikanan di Tanbu, Muhammad Dong, menyambut baik dengan rencana tersebut.

“Kami sangat mendukung dan siap menjadi penyuplai ikannya,” katanya

Penulis: Zainal Hakim
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleBamsoet Apresiasi EBY Raih Gelar Doktor IPB
Next articleWabup Malang Minta Jurnalis Tetap Kritis Dan Profesional Dalam Mengawal Pembangunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here