Cegah Banjir di Tanah Bumbu, PUPR Siap Wujudkan Mimpi Kepala Daerah

Tanah Bumbu, PONTAS.ID – Sejumlah kecamatan di kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan kerap menjadi langganan banjir. Pasalnya saat intensitas hujan tinggi mengguyur wilayah ini, seperti Kecamatan Satui ikut terendam banjir akibat meluapnya sungai yang membelah kawasan itu.

Guna mengantisipasi bencana serupa, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Tanah Bumbu mewacanakan membangun berbagai infrastruktur pencegahan, termasuk mimpi kepala daerah membangun bendungan Kusan, senilai Rp 2, 3 triliun.

“Kami serius untuk melakukan upaya pencegahan bencana banjir di kabupaten Tanah Bumbu, belajar dari kasus di kecamatan Satui,” ucap Plt Kadis PUPR Tanah Bumbu, Subhansyah, ST,MT saat meninjau jalan dan rumah warga yang tergenang air di Gunung Tinggi kecamatan Batulicin, Rabu (19/5/2021).

Aksinya bersama jajaran Dinas PUPR itu sebagai wujud keseriusan pemerintah kabupaten Tanah Bumbu dalam pencegahan bencana banjir di Bumi Bersujud.

Subhansyah menyebutkan, Dinas PUPR mewacanakan untuk membangun beragam infrastruktur dan sarana pencegah banjir. Seperti tanggul penahan air, embung/ sodetan dan drainase yang refresentatif.

“Sehingga saat kabupaten Tanah Bumbu diguyur hujan dengan intensitas tinggi, tidak meluber ke permukiman warga, dan fasilitas publik. Karena arus air lancar dan tertampung dengan baik,” ucapnya.

Menurutnya, belajar dari kasus bencana banjir di kecamatan Satui, yang sempat melumpuhkan aktivitas masyarakat, dan merendam ribuan rumah warga beberapa hari lalu, penanganan pencegahan banjir menjadi prioritas daerah.

“Termasuk mendukung dan merealisasikan mimpi kepala daerah membangun bendungan Kusan,” tegasnya.

Disebutkannya, karena butuh anggaran besar untuk membangun bendungan Kusan, yakni mencapai Rp. 2, 3 triliun, program ini harus mendapatkan suport dari pemerintah pusat. Upayanya melakukan lobi agar masuk dalam proyek strategis nasional (PSN), sehingga bisa biayai APBN.

“Dalam waktu dekat kita akan melakukan pengecekan ke lokasi yang akan menjadi titik bendungan, untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.

Hal ini sebagai wujud keseriusan dan komitmen pihaknya merealisasikan mimpi besar itu dalam rangka penanggulangan bencana banjir di Bumi Bersujud.

Ditambahkan Subhansyah, selain untuk pembangunan infrastruktur pencegahan banjir, pihaknya juga dalam waktu segera akan melakukan inventarisir fasilitas umum yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu.

“Khususnya jalan yang rusak akibat rendaman air banjir, agar tidak menghambat mobilitas masyarakat,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Zainal Hakim

Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here