PUPR Tanah Bumbu Pastikan Buka Jalan Dharma Praja Juni 2021

Tanah Bumbu, PONTAS.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, Subhansyah pastikan Jln Dharma Praja di komplek perkantoran Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin dibuka pada 6 Juni 2021 mendatang.

“Dalam 18 hari kedepan, satu jalur yang selama dua bulan terakhir ini ditutup karena ada perbaikan jembatan box culvert, kini sudah bisa dilintasi,” katanya saat meninjau proyek 2 box culvert yang baru selesai dikerjakan, Rabu (19/5/2021).

Menurutnya, meski sudah rampung pengerjaannya, masih belum bisa digunakan langsung. Karena untuk tahap pengeringan cor beton tersebut membutuhkan waktu selama 28 hari. “Sudah rampung sejak 10 hari lalu. Jadi, 18 hari lagi kita tunggu sampai benar-benar kering agar sesuai dengan standar,” ujarnya.

Dijelaskannya, jembatan box culvert, dengan panjang 12 meter dan lebar 2 meter ini di kerjakan dua tahap. “Tahap berikutnya untuk dijalur yang selama ini digunakan untuk akses lintasan masyarakat. Sementara jalan satunya lagi ditutup karena ada pengerjaan,” jelas Subhan.

Kata Subhan, pihaknya saat ini fokus kepada proyek perbaikan jalan yang rusak. Baik itu berada di dalam kota maupun yang di desa-desa dalam wilayah Tanah Bumbu. “Sehingga pembangunan seimbang,” katanya.

“Selain di kawasan perkantoran, ada sejumlah titik lagi perbaikan jembatan. Seperti di kecamatan Karang Bintang, kecamatan Kuranji dan juga di kecamatan Teluk Kepayang,” imbuhnya.

Subhan mengungkapkan, untuk proyek pemeliharaan jembatan ini pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 600 juta. “Jika dananya masih tersisa, akan digunakan untuk proyek–proyek yang sifatnya secara mendadak atau emergensi,” ungkapnya.

Sementara Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tanah Bumbu, Hernadi Wibisono menuturkan, 2 proyek pembangunan box culvert di Jln Dharma Praja Gunung Tinggi tersebut, dikerjakan kontraktor CV Citra Berkah Nusantara dengan anggaran biaya kisaran Rp 300 juta. “Proyek ini hasil lelang tahun 2021 yang diperuntukkan untuk pemeliharaan jembatan dengan kurun waktu pengerjaan selama delapan bulan,” tutur Hernadi.

Ia mengakui, pembangunan box culvert berada di dua lintasan jalan untuk jalur pertama sudah selesai di bangun. Kemudian untuk melanjutkan pembangunan di jalur lainnya akan dilaksanakan bulan depan.

“Dalam pengerjaan proyek box culvert tahap yang kedua tersebut, terpaksa Dinas PUPR akan melakukan penutupan jalan kembali. Hal ini untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan,” ucapnya.

Penulis: Zainal Hakim
Editor: Ahmad Rahmansyh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here