Kampanyekan Cegah Corona Melalui Lagu 20 Detik, SAC Raih Gold Winner di PR Indonesia Awards

Jakarta, PONTAS.ID – SAC, perusahaan konsultan marketing yang merupakan bagian dari GDP Venture, melakukan penyerderhanaan ragam istilah dan tata cara hidup baru sebagai bagian upaya penyesuaian masyarakat di masa awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengusung kampanye #20DetikCuciCorona. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, sambil mendengarkan musik berdurasi 20 detik sebagai timer dan soundtrack hasil karya 70 musisi Indonesia yang terlibat.
Harapannya, cuci tangan akan dilakukan dengan benar dan menyenangkan untuk mencegah penularan virus corona.

“Menjadi kreatif bukan hanya berpikir ‘out of the box’. Tapi, tentang bagaimana ide bisa menjadi sebuah solusi,” kata Rayandityo Muktiaki, COO SAC dalam siaran persnya, Senin (12/4/2021).

Lebih jauh, menurutnya, tim SAC dituntut untuk selalu resah. Karena, mereka tidak bisa tinggal diam jika banyak yang terkena dampak pandemi di sekelilingnya.

Rayan mengungkapkan, keterbatasan adalah pemicu kreativitas. Maka tak heran, SAC mendedikasikan potensi kreatif yang dimiliki sebagai penghasil solusi.

Kampanye yang dimulai sejak April 2020 ini menjadi gerakan massal dan hingga saat ini tercatat ada 70 lagu dengan format audio dan video yang didonasikan oleh musisi dari berbagai daerah di Indonesia.

Semua lagu tersebut akhirnya dikumpulkan ke dalam playlist yang dapat diakses melalui Bandcamp, Soundcloud, YouTube, dan Instagram @20detikcucicorona.

Tidak sampai di situ, seluruh donasi karya dari musisi terlibat juga dikonversi ke dalam piringan hitam. Lalu, diserahkan kepada tim Satgas Penanganan Covid-19, para musisi terlibat, tokoh budaya dan museum musik di tanah air.

Hal ini bertujuan agar niat baik untuk mengedukasi publik secara sederhana dan menyenangkan dapat diteruskan. Kampanye ini juga turut melibatkan peran media untuk ikut menyosialisasikan program ini kepada masyarakat.

Gerakan yang diinisiasi tersebut akhirnya membuat SAC meraih predikat Gold Winner pada Sub Kategori Corporate PR untuk perusahaan swasta di PR Indonesia Awards (PRIA) 2021. Setelah sebelumnya telah meraih predikat Digital Agency of The Year di Citra Pariwara 2020.

“Dan ternyata memang, beberapa kampanye komunikasi yang kami buat sebagai usaha menghadapi masalah dampak pandemi inilah yang mendapat pengakuan publik, dan akhirnya diganjar penghargaan”, tegasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here