ESDM Segera Identifikasi Penyebab Terbakarnya Kilang Balongan

Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji

Jakarta, PONTAS.ID – Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, angkat suara terkait peristiwa ledakan kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (29/3/2021) pukul 00:45 dini hari tadi. Ia menegaskan, pihaknya akan segera mengidentifikasi penyebab terjadinya insiden tersebut.

“Kami akan segera identifikasi penyebabnya dengan teliti dan mencari solusi secara menyeluruh agar tidak terjadi lagi di kemudian hari pada kilang-kilang Pertamina,” kata Tutuka, saat dikonfirmasi, Senin (29/3/2021).

Lebih jauh, Tutuka mengapresiasi Pertamina karena telah bergerak menangani kebakaran di beberapa tangki kilang Balongan.

“Sehingga saat ini api telah dapat dilokalisasi dan sedang menuju proses pendinginan,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ifki Sukarya, mengaku belum dapat memastikan penyebab kebakaran di tangki BBM Kilang Balongan tersebut.

“Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir,” papar Ifki.

Diwartakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Indramayu tercatat ada 70 korban terdampak kebakaran. Sementara, berdasarkan laporan Pertamina ada lima warga menjadi korban karena kebetulan melintas di jalan dekat kilang yang meledak.

Penulis: Riana

Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here