Lagi, Irwandi Pantau Pembenahan Drainase Gunung Sahari Selatan

Jakarta, PONTAS.ID – Plh Walikota Jakarta Pusat, Irwandi kembali memantau kerja bakti grebek lumpur di lingkungan RW.09, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hujan deras yang melanda Ibukota DKI Jakarta sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB, tidak menyurutkan pasukan pelangi melakukan Kegiatan tersebut langsung dipantau

“Sudin Sumber Daya Air Jakarta Pusat supaya melakukan pembenahan saluran air yang ada di lingkungan Rw.09,” kata Irwandi di lokasi kegiatan, Minggu (24/1/2021).

“Sedimen lumpurnya sudah tinggi serta adanya kabel utilitas sehingga banyak sampah botol minumanan mineral, plastik dan daun pada nyangkut sehingga mengakibatkan aliran air tidak lancar,” jelasnya.

Soal kabel utilitas, pihaknya kata Irwandi akan mengundang pemilik kabel utilitas yakni PLN dan PAM serta Sudin Bina Marga.

Dalam kesempatan itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Kemayoran, Supriyadi mengatakan, setelah menindak lanjuti instruksi Plh Walikota, pihaknya juga menemukan banyak saluran air tidak konek atau terputus-putus sehingga terjadi genangan.

“Kita akan menormalisasi saluran air tersebut agar tersambung dan dapat mengurangi banjir atau genangan.

Untuk saat ini pengurasan saluran akan dilakukan di empat titik meliputi RT. 04, 05, 06 dan 10 dan akan terus dilanjutkan ke RT yang lainnya, di RW.09 ada 12 RT.

“Selain itu ke depan aliran air akan kita pecah menjadi dua yaitu aliran air mengarah ke Pelni (Barat) dan ke arah Damri (Timur). Kita perkirakan akan memakan waktu tiga bulan, mulai Senin besok satgas SDA Kecamatan sudah mulai bergerak,” kata dia.

Sementara Camat Kemayoran, Asep Mulyaman menambahkan, kerja bakti grebek lumpur melibatkan 95 orang terdiri dari terdiri dari Satgas SDA, Bina Marga, Pertamanan dan Hutan Kota, Satpol PP, Dishub, Gulkarmat, Rt, Rw, LMK, FKDM dan PPSU.

“Setiap minggu kita selalu melakukan program kerja bakti grebek lumpur dengan maksud untuk meminimalisir genangan atau banjir saat hujan lebat. Kegiatan ini juga sudah dilakukan di beberapa RW dari bulan November 2020 sampai bulan Januari 2021 ini,”jelasnya.

Kegiatan kerja bakti diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung Camat Kemayoran, Asep Mulyaman didampingi Plh Lurah Gunung Sahari Selatan, Syamsudin dan Ketua RW.09 Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Sumardi Sholeh.

Penulis: Zulfatun /Tajuli
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDPR Sesalkan Pemaksaan Siswi Non Muslim Berhijab di Sumbar
Next articleBupati Minta P4SU Asahan Jadi Motivator bagi Penyuluh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here