278 Tenaga Medis Puskesmas Cengkareng Divaksinasi

Jakarta, PONTAS.ID – Program Pemerintah Indonesia dalam memberikan vaksinasi Covid-19 secara gratis telah berjalan di Kota administrasi Jakarta Barat. Hal ini terlihat di Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat yang sudah menerima 1.820 Vaksin Sinovac Covid-19 untuk para Tenaga kesehatan (Nakes).

“Mulai tanggal 14/01/2021 sudah kami laksanakan vaksinasi kepada para nakes, untuk nakes yang sudah divaksin saat ini berjumlah 278,” ungkap Kepala Puskesmas Kecamatan Cengkareng, dr Wisnu Eko melalui Aplikasi Perpesanan WhatsApp kepada PONTAS.id, Jumat ( 22/01/2020).

Ia menjelaskan, sebelum dan sesudah divaksin Sinovac, para tenaga medis harus melalui beberapa tahapan. “Ada 4 meja yang kami sediakan, pertama untuk pendaftaran dan verifikasi data, kedua screening (pengecekan) kesehatan tubuh, ke tiga pemberian vaksin, lalu tahap akhir observasi tiga puluh menit pasca penyuntikan vaksin,” terangnya.

lebih lanjut, bagi tenaga medis yang sudah dilakukan vaksinasi, sampai saat ini tidak ada yang merasakan dampak berat ditubuh mereka setelah dilakukan vaksinasi.

“Pasca pemberian vaksin dampak berat tidak ada, makanya kita liat perkembangannya selama tiga puluh menit, kalau pun ada maka akan dilakukan tindakan,” imbuhnya

Selain itu, Wisnu menjelaskan, vaksin hanya diberikan kepada orang yang sudah memenuhi syarat kesehatan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Apabila penerima vaksin sudah pernah terpapar Covid-19, mengidap penyakit penyerta, dan ibu hamil menyusui maka tidak akan diberikan vaksin,” tandasnya

Penulis: Deddy Muttaqin
Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here