Pulihkan Ekonomi, DPR Minta Pemerintah Garap Potensi Bahari

Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengharapkan Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2020 ditengah Pendemi Covid 19 dapat dijadikan momentum dalam memberdayakan potensi bahari yang dimiliki bangsa Indonesia dalam meningkatkan dan memulihkan ekonomi nasional. Dirinya menjelaskan bahwa potensi sumber daya kelautan Indonesia hampir senilai Rp3.000 triliun/tahun yang belum tergarap secara maksimal.

“Potensi alam dari hasil Laut belum dilihat sebagai sumber pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, dan pemecah masalah kemiskinan. Hal ini menjadi momentum akan penguatan potensi wawasan dalam memperingati Hari Nusantara yang jatuh setiap tanggal 13 Desember diamanatkan melalui Keppres No. 126/2001” Kata Azis Syamsuddin (13/12/2020).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu mengatakan bahwa Republik Indonesia mempunyai kedaulatan penuh terhadap perairan antar-pulau yang masuk ke dalam United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS), Konvensi Hukum Laut 1982 dan diratifikasi menjadi UU Nomor 17 Tahun 1985, yang memiliki ZEE 200 mil laut dan lebar laut teritorial 12 mil serta yang paling penting lagi antara pulau yang satu dengan pulau lainnya tidak ada perairan bebas atau perairan internasional.

“Dimana konsep archipelago states telah diperjuangkan sejak 1957 sebagai Deklarasi Djuanda dan diperjuangkan oleh Menlu Mochtar Kusumaatmadja menjadi Konvensi Hukum Laut 1982 tersebut, serta penguatan kewilayahan laut Indonesia melalui UU No. 32 Tahun 2014 tentang Kelautan” jelasnya.

Lebih lanjut, Politisi Golkar itu mengungkapkan Implementasi Wawasan Nusantara adalah dengan memperhatikan prinsip politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Dimana dalam menghadapi perkembangan geopolitik juga diupayakan tata kelola hubungan internasional negara-negara di Asia Pasifik dan upaya memantapkan Ketahanan Nasional Bangsa Indonesia.

“Upaya ini merupakan sebuah upaya kita dalam menggalakkan kemampuan bangsa menuju Indonesia Maju dan mandiri serta menciptaka bangsa Indonesia sejajar dengan Negara-Negara maju di dunia dalam mencapai tujuan Pembangunan Nasional,” tutupnya.

Penulis: Luki Herdian
Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here