156 HPR Divaksinasi Anti-Rabies

Jakarta, PONTAS.ID – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat menggelar vaksinasi rabies gratis bagi binatang hewan peliharaan warga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat, yakni di Jalan Pangeran Jayakarta RW 09, Kelurahan Mangga Dua Selatan, dan di Pos RW 01 Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Peternakan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Herawati, mengatakan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak Juni lalu dan akan berakhir pada pertengahan Desember 2020.  Dan ini, merupakan lanjutan yang terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Sejak Januari 2020 kita sudah laksanakan kegiatan ini, tapi sempat terhenti akibat pandemi Covid-19,“ kata Hera, saat memantau pemberian vaksin rabies di Jalan Pangeran Jayakarta RW 09, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2020).

Hadir pada acara tersebut Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu Putra; didampingi Kaseksi Kesra Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sa’adi; dan Ketua RW 09, Hendri.

Hera menuturkan, untuk kegiatan hari ini, Hewan Penular Rabies (HPR) yang divaksin sebanyak 156 ekor, yakni di Kelurahan Mangga Dua Selatan, hewan yang divaksin 88 ekor, terdiri dari anjing 34 ekor, kucing 52 ekor, dan musang 2 ekor. Sedangkan, di Kelurahan Kemayoran 68 ekor, terdiri dari anjing 21 ekor, kucing 44 ekor dan musang 3 ekor.

“Kita menargetkan hingga akhir Desember 2020 itu sebanyak 4.800 ekor hewan divaksinasi rabies. Sampai dengan 16 November 2020 kemarin, hewan yang sudah divaksin sudah melebihi target, yakni 5.092 ekor atau 106%, yakni kucing 3.824 ekor, anjing 1.229 ekor, kera 13 ekor dan musang 21 ekor,” papar Hera.

Hera menuturkan, kegiatan vaksinasi rabies ini dilakukan untuk mencegah terjadinya rabies pada hewan dan memberikan rasa aman kepada pemilik ketika memelihara hewan kesayangannya.

“Selain itu juga agar Jakarta khususnya Jakarta Pusat bebas rabies di tengah pendemi Covid-19,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hera pun mengimbau kepada warga DKI Jakarta, khususnya Jakarta Pusat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera, dan musang untuk memvaksinkan hewan tersebut.

“Ini gratis, tanpa dipungut biaya,” tandasnya.

Penulis: Zulfatun/Tajuli

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here